The Effect of Implementing the NHT Type Cooperative Learning Model on the Cooperative Attitudes of Elementary School Students in Makassar City
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Akhnaf, A. F., Junior, M. A. G., Fauziyyah, N. H., Al Ayyub, S., & Qudsyi, H. (20220). Implementasi number heads together sebagai. Arikunto, S. (2013) Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmara, P., Jimmi Dzulmandho, Sri Zakiyah & M.Hidayat, (2022). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT & TGT Pada Masa Pandemi Dalam Pembelajaran Fisika di SMAN 2 Mutiara. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan SAINS, 3(1), 371-377.
Fatimah, I. D., & Wiratama, N. A. W. N. A. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Polynom: Journal in Mathematics Education, 1(2), 78-83.
Jumrah, J., Tahir, M., & Nisa, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta didik Kelas IV SDN 1 Bagik Polak Barat Tahun Pelajaran 2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).
Khoiriyah, S. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL e-DuMath, 4(2), 30-35.
Kusumawati, H., & Mawardi, M. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Peserta didik. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 251-263.
Lidya, W. (2018). Pengaruh Pembelajaran NHT dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Inspirasi: Jurnal Ilmu – Ilmu Sosial, 15(2).
Lestari. (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA, 2(4), 318-325.
Muna, L. N., Kusumadewi, R. F., & Ulia, N. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Scramble dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Sikap Kerjasama. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 2(1), 27-32.
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project based learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Riduwan.2012. Belajar mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta.
Rochaniningsih, N. S., & Masruri, M. S. (2015). Penggunaan metode jigsaw dengan bantuan media untuk meningkatkan keterampilan kerjasama dan hasil belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 42-54.
Siregar, F. A. (2012). Pengaruh model kooperatif tipe nht terhadap hasil belajar peserta didik kelas viii smp negeri 18 medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 33-38.
Sugiawan, R., Nurhanurawati, N., & Coesamin, M. (2014). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 2(3).
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, B., Arifin, F., & Irmawati, D. (2015). Peningkatan kemampuan kerjasama dalam tim melalui pembelajaran berbasis lesson study. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 9-16.
Zahwa, N. A. (2017). Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Ditinjau Dari Urutan Kelahiran Di kelompok B Ra Al-Karomah Batang. Skripsi, FIP, Universitas Negeri Semarang.
Article Metrics
Abstract view : 33 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)