The Influence of Implementing the Problem Based Learning Model on Elementary School Students' Argumentation Ability in Thematic Learning in Pasangkayu Regency
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afisha, M. Helen. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan berargumentasi dan Hasil belajar siswa.
Ahmad, M. Keterampilan Berargumentasi Peserta Didik Secara Tertulis Pada Pembelajaran Protista Menggunakan Pendekatan Saintifik dan Problem Based Learning (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Ali, Hasan Z. 2020. Metode Riset Peneleitian Kuantitatif: Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen, Yogyakarta : Deepublish.
Anjarini, T. 2017. Strategi, Model, Media dan TMardalis. (2006). Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.eknologi Pembelajaran di Sekolah Dasar. ELSE : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Arsiya, W., & Raihan, S. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Membuat Karya Dekoratif. Global Journal Teaching Professional, 1(2), 95-112.
Azhari & Kurniady. 2017. Reputasi Universitas, Biaya Kuliah, Fasilitas Perkuliahan dan Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Manajemen Universitas Flores: Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2019. Analisis, 10(2), 104–117.
Dalman, Keterampilan Menulis, (Jakarta: Rajawali Pers, 2016, hlm. 3
Depdiknas. 2013. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.
Elwijaya, F., Mairina, V., & Gistituati, N. (2021). Konsep dasar kebijakan pendidikan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 67.
Faiqoh, N., Khasanah, N., Astuti, L. P., Prayitno, R., & Prayitno, B. A. (2018). Profil keterampilan argumentasi siswa kelas X dan XI MIPA di SMA Batik 1 Surakarta pada materi keanekaragaman hayati. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 174-182.
Fathurrohman,Muhammad.2015.Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogyakarta:Ar-Ruzz Media
Herlianti, Yanti. 2014. BLOGQUEST+: Pemanfaatan Media Sosial Pada Pembelajaran Sains Berbasis Isu Sosiosaintifik Untuk Mengembangkan Keterampilan Berargumentasi Dan Literasi Sains. Bandung: Program Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Pascasarjana UPI
Hermuttaqien, B. P. F., Aras, L., & Lestari, S. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi: Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2).
Kasim, A. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Debat dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi dan Hasil Belajar IPS Siswa UPT SDN Beroanginng Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).
Keraf, Gorys. 2017. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Made Wena. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, (Jakarta: Bumi Aksara. 2014). h. 91.
Meilyna Rahayu, Tuti Kurniati, Iwan Ridwan Yusup, ‘Keterampilan Argumentasi Pada Pembelajaran Materi Sistem Respirasi Manusia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write’, Jurnal Bio Educatio, 3.2 (2018), 51
Munawarah, S. 2022. Keefektifan Model Pembelajaran Time Token Arends Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas V SD Negeri 8 Simeulue Timur (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan).
Nurdiansyah, F. F. E. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center Sidoarjo.
Samsudin, E. N., Murniningsih, M., & Mustadi, A. 2021. Problem Based Learning in Basic Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2800-2809.
Sari, D. N. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri 2 Kampar Pada Topik Objek IPA dan Pengamatannya (Doctoral dissertation, UIN Sultan Syarif Kasim Riau).
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
St Nursiah, B., Heruttaqien, B. P. F., & Rahmawati, A. 2022. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Global Journal Teaching Professional, 1(3), 354-360.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: ALFABETA.
Suprijono, Agus. 2015. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
Article Metrics
Abstract view : 35 times | PDF view : 13 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)