Application of the Problem Based Learning Model to Improve Elementary School Student Learning Outcomes in Fifth Grade Science Learning in Jeneponto Regency
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agus, Suprijono. 2016. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Amir, M. Taufiq. (2016). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Prenada Media.
Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Arikunto. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Dewi, Puspita Eka. (2017). Efektivitas Modul dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor, Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Vol. 2 (2): 105-110.
Dewi, G. A., Ignatius, S., & Taria, S. W. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Asesmen Kinerja Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Ejournal Undiksha: MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 4 (1).
Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunantara, G. I., Suarjana, P., & Nanci, R. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Ejournal Undiksha: MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1).
Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi
Kemendiknas.2011.Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta Dirjen
Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
Miftahul, Huda. 2014. Model-model pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Permendikbud.
Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka belajar.
Rifa’I Achmad, C. R., & Catharina, T. A. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.Grant, A. M., & Pollock, T. G. (2011). Publishing in AMJ—Part 3: Setting the hook. Academy of Management Briarcliff Manor, NY.
Johnson, R. B., & Christensen, L. (2019). Educational research: Quantitative, qualitative, and mixed approaches. SAGE Publications, Incorporated.
Leedy, P. D., & Ormrod, H. (1997). Qualitative evaluation and research methods. Sage Publications.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Rusman. (2011). Model-model pembelajaran (Mengembangkan profesionalisme guru). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jakarta: PT Indeks.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Trianto, S. P., Pd, M. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. DKI Jakarta: Prestasi Pustaka.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Wisudawati, Widi, Asih, Sulistiyowati Eka. 2014. Metodelogi Pembelajaran IPA. Surabaya: PT Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 38 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)