Implementation of the Constructivist Learning Model to Improve Primary School Student Learning Outcomes in Science Learning in Majene Regency
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adawiah, R. (2022). e-ISSN: 2807-8632 Published by : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 1102–1112.
Adnyana, I. P. W., Darmadi, I. W., & Darsikin, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme dengan Siklus Belajar Karplus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIIb3 SMP Negeri 14 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(2), 8. https://doi.org/10.22487/j25805924.2013.v1.i2.2387
Afifah, R. N. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Metode Percobaan. Afifah, R. N. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Metode Percobaan. Universitas PGRI Yogyakarta., 1–8. http://repository.upy.ac.id/227/1/Jurnal Rohmatun Nurul Afifah.pdf
Andylah, K. N., Saefudin Wahid, F., & Yono, R. R. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Perilaku Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 di SDIT Harapan Umat. Profesional Jurnal Pendidikan , 1(1), 41–51. http://jurnal.statistikawan.com/index.php/pjp
Anggraeni, A. (2019). Urgensi Penerapan Pendekatan Kontruktivisme pada Pembelajaran PKn SD untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal PPKn & Hukum, 14(2), 32. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/download/7867/6753
Fitriyani, A. (2014). Pengaruh model pembelajaran konstruktivisme menggunakan komputer terhadap hasil belajar siswa pada konsep cahaya.
Handayani, T. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 6(1), 39–45. https://doi.org/10.26418/jpp.v6i1.45788
Iv, K., Sekolah, D. I., Negeri, D., & Halim, P. W. A. Y. (2022). TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2.
Lathifah, D. N. (2021). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivisme pada Pembelajaran PAI di SDN 05 Tubanan-Kembang-Jepara. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 22–31.
Lestari, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling .
Lia, S. (2022). No Title 8.5.2017 2003–2005. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Lumban Gaol, B. K., Silaban, P. J., & Sitepu, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V Sd. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 767. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8538
Maria Dona Febriana. (2022). Mengembangkan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif di Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 2(4), 149–154. https://doi.org/10.58737/jpled.v2i4.70
Muqorobin, M. S., & Kartin, E. (2022). SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(3), 17–34.
Nasution, N. (2023). Nora Nasution Universitas Negeri Medan Jimmi Morgan Sihombing Universitas Negeri Medan. 2(4).
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 114–121. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1752
Septiana, Samitra, D., & Yuneti, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ipa. Journal Science Education, 2(1), 34–41.
Sigalingging, D., Sitepu, A., & Silaban, P. J. (2022). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 6 Nomor 3 Mei 2022 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR THE EFFECT OF THE INQUIRY LEARNING MODEL ON THE FOURTH-GRADE STUDENTS ’ . 6, 749–766.
Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044–1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457
Sundawan, M. D. (2016). Perbedaan Model Pembelajaran Konstruktivisme Dan Model Pembelajaran Langsung. Jurnal Logika, XVI(1), 1–11.
Tishana, A., Alvendri, D., Pratama, A. J., Jalinus, N., & Abdullah, R. (2023). Filsafat Konstruktivisme dalam Mengembangkan Calon Pendidik pada Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Kejuruan. Journal on Education, 5(2), 1855–1867. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.826
Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59–72. https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.632
Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14
Yulia Syafrin, Muhiddinur Kamal, Arifmiboy, A. H. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam. 1(4), 448–460.
Article Metrics
Abstract view : 41 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)