Application of the Scramble Type Cooperative Learning Model to Improve Elementary School Student Learning Outcomes in Indonesian Language Learning in Maros Regency
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurulhayati. 2015. Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Sutanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Prenadamedia Group.
Elfanany, Burhan. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Araska
Gaol, B. K. L., Silaban, P. J., &Sitepu, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SD. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(3), 767-782.
Huda, Mifhatul. 2014 Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Rafika Aditama.
MuhibbinSyah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Permata Media Group
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sumantri, Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2013. Mendesan Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasi pada KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, Hamzah B. Dkk. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara
Nia, S. (2022). Penerapan Metode Scramble Untuk Meningkat Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Amal Pendidikan, 3(3), 206-211.
Oktavia, N., Tanzimah, T., & Suryani, I. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tentang Teks Narasi Siswa Kelas V SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 203-211.
Ahmad Susanto. 2013.Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kharisma Putra Utama.
Article Metrics
Abstract view : 30 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)