Analysis of Arabic Language Teaching Materials in High Schools in Gowa Regency

Ammar Qurrata A’yun(1*), Muh. Bachtiar Syamsuddin(2), Muh. Anwar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


This research aims to examine the suitability of Arabic teaching materials used by Arabic teachers. This research is a qualitative descriptive research. The object of this research is Arabic language teaching materials for class X ISMUBA curriculum (Al-Islam Kemuhammadiyahan, and Arabic). The subject of this research is the suitability between Core Competencies (KI), Basic Competencies (KD) and the teaching materials contained in the ISMUBA curriculum. The instrument of this research is the researcher himself. The results of this research found that there were 6 materials in the teaching materials for Arabic language education at SMA/SMK Muhammadiyah Class Analysis of the suitability of Arabic language teaching materials shows that the Muhammadiyah High School/Vocational School Class.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. 2007. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Abdul Majid. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Al- Ghalayin M. 2005. Jami’ ad-Durus al-‘abiyah jilid I. (Beirut: Dar al-kutub al- „ilmiyah,), hal. 7

Amirono & Daryanto. 2016. Evaluasi dan Penilaian pembelajaran kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar yang Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; PT Rineka Cipta.

Awaliyah, H. 2017. Pendidikan Bahasa Arab SMA/SMK Muhammadiyah. Yogyakarta. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Aziz, M & Yunan, A. 2014. Terampil Bahasa Arab untuk Kelas X Madrasah Aliyah. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Badan Standar Nasional Pendidikan Tahun 2007, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Baedhowi, Dkk. 2017. Kurikulum Pendidikan Al-Islam Kemuhammdiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) 2017. Jakarta: GRAMASURYA.

Chomsin, S.W. 2008. Panduan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul:Bahan Ajar untuk PersiapanGuru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2008. Pengembangan Bahan Ajar (Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta.

E, Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013; Perubahan dan Pengembangan Kurikulum 2013 Merupakan Persoalan Penting dan Genting. Bandung: Rosdakarya.

Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA. Yogyakarta; Ar-ruzz media.

Faturrohman, P & Sobry, M. 2009. Strategi Belajar Mengajar: Melalui Penanaman Konsep Umum dan Islami. Bandung: Reflika AditamaGunawan, I. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hafid, K. 2012. Berbagai Sudut Pandang Dalam Memahami Bahasa Arab. Alauddin University Press.

Hamid, M.A . 2008. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media. Malang; UIN Malang Press.

Imam, M. 2014. Kurikulum Dimensi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intellegences) dalam Kurikulum 2013.Insania.

Iskandarwassid, & Dadang Sunendar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jufri & Andi. 2016. Tingkat Keterbacaan Wacana Buku Teks Sekolah Menengah Atas. Vol.19 . Doi: https://doi.org/10.26858/ijes.v19i1.2683.

Kamidah. 2016. Analisis Buku Teks Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah kelas VII. Skripsi, pada Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Majid, A. 2008. Perencanaan Pembelajaran; Pengembangan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja rasdakarya.

Mudhofir, A . 2011. Aplikasi pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan bahan ajar dalam pendidikan islam. Rajawali pers.

Muna, W. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Teori dan Aplikasi. Yogyakarta; Teras.

Nasution, S. 2003. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Neolaka, A & Amialia, G. 2017. Landasan Pendidikan. Depok: Media group.

Nurhidayah, N. 2017. Analisis Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Untuk Kelas XI Madrasah Aliyah Peminatan IPA, IPS, dan Bahasa. Skripsi, pada Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pransiska, T. 2015 Pendidikan Bahasa Arab di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media.

Raharjo, R. 2012. Pengembangan & Inovasi Kurikulum. Yogyakarta: Baituna Publishing.

Salim, L. (2017). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Bahasa Arab. Jurnal Diwan, 3(1).

Satori, D & Komariah, A. 2014. Metodologi Penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung; Sinar Baru.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Surayin. 2001. Analisis Kamus Umum Bahasa Indonesia. Yrama Widya. Bandung.

Suyuti Suhaib, Muhammad 1999, kajian Puisi Arab Pra Islam. Jakarta: al- Quswa.

Sulchan Yasyin. (1997). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: PT. Amanah.

Tamara, A. 2018. Analisis Kesesuaian Materi Ajar dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013. Skripsi, pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategis, dan implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Wina, S. 2006. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana .

Wina, S. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Yaumi, M. 2013. Prinsip-Prinsip Pesan Pembelajaran: Sesuai Kurikulum 2013. Jakarta : Kencana Prenadamedia Groub.

Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)