The Effect of Using the Make A Match Method on the Educational Learning Outcomes of Elementary School Students in Bantaeng Regency
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adi Wiguna, Sumantri, dan Raga. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Gugus III Kecamatan Rendang, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD.
Armanda. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis, Berpikir Logis, Literasi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Di Kecamatan Sombaopu Kabupaten Gowa. Tesis Pendidikan Dasar. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar.
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP).
Fuad, Z. (2018). Penggunaan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Hanafi, H. (2018). Penggunaan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Sekolah Dasar. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.
Maryati S. (2021). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Metode Pembelajaran Make a Match pada Siswa Kelas III B di SD Islam NDM Kauman Surakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan.
Mulyasni, M. (2018) Permainan Kartu Bilangan sebagai Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn 010 Ujung Batu. Primary.
Nono, G.U., Hermuttaqien, B.P.F. and Wadu, L.B. (2018). Hubungan Mata Pelajaran PKn Terhadap Peningkatan Karakter Siswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan.
Pratiwi, R.H. (2018). Metode Pembelajaran Make a Match Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar IPA. Florea J. Biol. dan Pembelajarannya.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif.
Rajagukguk, N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Materi Satuan Waktu Melalui Penerapan Metode Make a Match. Journal on Education.
Riduwan, dan Kuncoro, E.A. (2014). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.
Riyanti, N. N., & Abdullah, M. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, S. (2021). Upaya Meningkatkan Penguasaan Materi Pewarisan Sifat Pada Siswa Kelas Ix F Di Smp Negeri 7 Probolinggo Melalui Pembelajaran Metode Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 1(2), 189-194.Wahab, 2007. Metode dan Metode-metode Mengajar, (Bandung: Alfabeta, 2007), 59.
Syawaluddin, A., Makkasau, A., & Jamal, I. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. JIKAP PGSD: Jurnal ilmiah ilmu kependidikan.
Usman, H., Syawaluddin, A., & Fathul, F. (2022). Pengaruh Pemberian Reinforcement Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBDP Kelas V SD Negeri 4 Tala, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep. Global Journal Basic Education.
Wahyuningsih, E., Haryanto, S., & Pardimin, P. (2019). Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik make a match untuk meningkatkan motivasi belajar akuntansi. Teacher in Educational Research.
Article Metrics
Abstract view : 40 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)