Application of the Reading Aloud Learning Model to Improve the Reading Ability of Second Grade Elementary School Students
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adnan, A., Yamin, M., Aulia, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di SD. Jurnal Basicedu, 3(3), 963–969.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Djamarah, S.B., dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Gutami, I. K., Prismutitomi, A. R., Laverda, J. C., Nikmah, K., Jundullah, M., Rochmadhoni, N., ..., & Prastiwi, C. H. W. (2021). Read Aloud Buku Cerita Dwi Bahasa (Bilingual) untuk Membangun Literasi Bahasa Indonesia dan Inggris. Prosiding Nasional Pendidikan, 153–159.
Hardianto. (2019). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Teks dengan Menggunakan Metode Reading Aloud di Kelas III SDN. No. 028/XI Tanjung Tahun 2017/2018. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 368-373.
Iskandar, Dadang & Narsim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Dan Publikasinya. Jawa Tengah: Ihya Media.
Jawahir, M. (2012). Teknik dan Strategi Pembelajaran. Cendekian Press.
Kadang, E. (2021). Pendidikan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Makassar: GARIS KHATULISTIWA.
A. Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar (D. Novidiantoko (ed.); Cetakan Pe). DEEPUBLISH (Group Penerbitan CV Budi Utama).
Litri, H. J. (2016). Implementasi Metode Reading Aloud Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Mufiidah, D., Haenilah , E., & Sofia, A. (2019). Pembelajaran Berbantuan ICT dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).
Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar (Hilmiati (ed.); 1st ed.). Sanabil.
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahim, F. (2017). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.
Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Gramedia
Lestary. (2004). Perbedaan Efektivitas Metode Kata Lembaga dengan Alat Bantu Gambar dan Tanpa Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Taman Kanak-kanak.Skripsi. Universitas Katolik Soegijipranata.
Sánchez, J.M. (2013). “La Enseñanza De La Lectura En Ámbito Escolar Dentro Del Currículo Español” Didáctica y Educación. 4 (1). 1–13
Slamet, Y. (2017). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. LPP UNS dan UNS Press.
Siti, A. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole Language DiSekolah Dasar. Jurnal Basicude, Volume 4 Nomor 3, halm. 637-643.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trelease, J. (1979). The Read Aloud Hanbook. Newyork: Penguin (USA) LLC, HP Melati, A. A. (2022). The Read Aloud Handbook . Jakarta : Mizan Publika.
Puwanto. 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bharata.
Widyaningrum, H., & Hasanuddin , C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) Di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan.
Widoyoko, E. P. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran (S. Z.Qudsy (ed.)). Pustaka Pelajar.
Zaini, H. (2016). Strategi Pembelajaran Aktif. Insan Madani.
Peraturan Pemerintah RI No. 57. (2017). Standar Nasional Pendidikan. Kemendikbud.
Peraturan Pemerintah RI No. 37. (2018) Nomor 37 tentang KI dan KD Pelajaran pada Kurikulum 2013.
Peraturan Pemerintah RI No. 57. (2021). Standar Nasional Pendidikan. Kemendikbud.
Article Metrics
Abstract view : 49 times | PDF view : 53 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)