The Influence of Using Audio Visual Media on Student Learning Outcomes in Fiqh Subjects at Madrasah Tsanawiyah

Nur Apiah(1*), Pattaufi Pattaufi(2), Merrisa Monoarfa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


The use of audio-visual media on student learning outcomes shows that students provide positive responses during the learning process, and the use of audio-visual media has a positive effect on student learning outcomes in the Fiqh subject at MTS YPPI Sapobonto. This research is quantitative research with the aim of describing student learning outcomes using audio-visual media. Data collection in this research used test sheets and questionnaires. In this research, the Mann Whitney Test was carried out as the final test to determine the research hypothesis whether Ho "there is no influence of the use of audio-visual media on the learning outcomes of class IX students. By obtaining Ha data, there is an influence of the use of audiovisual media on the learning outcomes of class IX MTS YPPI Sapobonto Bulukumba Regency students. The Mann-Whitney test is a form of testing in non-parametric statistical analysis. Non-parametric tests are useful when the sample is small and are easier to calculate than parametric methods.

Full Text:

PDF

References


Adliani, S & Wahab, W.S.A. 2019. Pemanfaatan Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar NasionalPendidikan Bahsa Dan Sastra Indonesia II. Vol 2 PP. 141-145. FBS Unimed Press.

Akmal dan Susanto, 2019. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta; PT Pajar Interpreama Mandiri.

Alwie & Sa’diyah, Maemunah. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Man 1 Kota Bogor. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora.

Amin, Alfauzan. 2018. Model Pembelajaran Agama Islam di Sekolah. Yogyakarta: Samudra Biru.

Amir Syarifuddin, 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Andi Jusmiana dan Herianto, 2020. Skripsi “Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Era Pandemi Covid19.

Ari Hastuti dan Yudi Budianti, 2014. Skripsi “Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas ll SDN Bantargerbang ll Kota Bekasi”

Arikunto, 2013. Manajemen pengajaran secara manusiawi, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Ashar, (Moh Zaiful Rasyid dkk, 2020). Ragam Media Pembelajaran: Junerejo Batu Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Asnawir dan M Basyiruddin Usman, 2002. Media pembelajaran. Jakarta: Cjputat Pers.

Azis Wahab, Abdul. 2009. Meltode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial.(IPS. Bandung:Alfabeta).

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjibto, 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia.

Dale, (Arsyad, 2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Damitri, D.E (2020). Keunggulan Media Power Point Berbasis Audio Visual sebagai Media Presentasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6 (2).

Harjanto, 2000. Perencanaan pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hastuti, Ari. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas II Sdn Bantargebang II Kota Bekasi. Jurnal Pedagogik. Vol 2 No.2

Kriyantono, 2014. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya.

Kusnadi, Edi. 2005. Metodelogi Penelitian. Metro: Ramayana Pers. Purwanto, 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Levis&Lans (Arsyad, 2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Nawawi, Handari (Margono, 2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nazir, 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nofziarni, Aisyah dkk. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU. Volume 3 Nomor 4.

Prasetyo, Bambang. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rahardjo, (Moh Zaiful Rasyid dkk, 2020). Ragam Media Pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi. Junerejo Batu Malang.

Rahman, 2011. Asas-asas Hukum Islam. Jakarta: Sinar Grafika.

Rahmaniyah, Habibah, Sulhatul Dan Sun’iyah, Siti Latifatus. 2023. Pengaruh Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Di MTS 17 Darul Ulum Bali Sukodadi. Jurnal Studi Pendidikan Islam. Vol 6 No.1

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2022. Pembaharuan pembelajaran di Sekolah Penggerak dan SMA Pusat Keunggulan meneruskan proses peningkatan kualitas pembelajaran yang telah diinisiasi kurikulum-kurikulum sebelumnya. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Leny, Lince. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan.Sulawesi Selatan : Tana Toraja.

Mayasari, Atika & Mahanani, Rahwiku. 2022. Pengertian Konsep dan Tujuan Merdeka Belajar. adjar.grid.id.

Muslim, Ahmad. 2022. Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Nusa Tenggara Barat: Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika Mataram.

Nugraha, tono Supriatna. 2022. Kurikulum Mmerdeka Untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jawa Barat : Dinas Pendidikan.

Oktifa, Nita. 2022. Struktur Kurikulum Merdeka Belajara SMP/Implementasi kurikulum merdeka belajar pada jenjang SMP yang masuk fase. Akupintar.id.

OECD. 2020. Curriculum (Re) Design. Paris, France: OECD.

Rahyu, Restu & Rosita Rita dkk. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jawa Barat : Universitas Pendidikan Indonesia.

Ramadina, Evy. 2021. Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Jawa Timur: UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Rusman.2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rossie & Biedlie, 2014. Ragam Media Pembelajaran. Junerejo Batu Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Sanjaya, wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Syah Muhibbin, 2001. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

SISDIKNAS, Tahun 2002. Undang-undang No. 20 ayat 3 Tentang Tugas dan Tujuan Pendidikan Nasional, Jakarta: Tamtama Utama.

Wirawan, 2020. Metodologi Pengajaran Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yudhi, Munadi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada.

Yufuf, Muhammad & Daris, Lukman. 2019. Analisis Data Penelitian : Teori & Aplikasi Dalam Bidang Perikanan. Bogor : IPB Press Printing

Zulkifli Rusby, 2017. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Ciputat Mega.Birahi, Markus.


Article Metrics

Abstract view : 51 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)