The Influence of the Problem-Solving Model on Elementary School Students' Critical Thinking Ability in Citizenship Education Learning
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Matematika pada Materi SPLDV. : http://118.97.35.230/lemlit/jtt/219.pdf
Buyung. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Kemampuan Numerik Terhadap Penguasaan Literasi Matematika di SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(1), 1-12.
Christina, L. V ., & Kristin, F. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group
Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar
Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI Nomor Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.
Gagne, R.M. & Briggs, L.J. 1979. Principles of Instructinal Design. Second Edition; New York: Holt, Rinehart and Winston.
Girl, T.A., Wah, L.K.M., Kang, G.Ng., & Sai, C.L. 2002. New Paradigm for Science Education. A Perspective of Teaching Problem-Solving, Creative Teaching and Primary Science Education; Singapore: Prentice Hall.
Hariyanti. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii Mata Pelajaran Ips Terpadu Smp Negeri 2 Jatiyoso Tahun Ajaran 2009/2010. SKRIPSI Universitas Sebelas Maret Surakarta. Solo: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Harlinda Fatmawati, dkk. 2014. ―Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat‖. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. ISSN 2339-1685. Vol. 2, No. 9.
Isnawati, R., & Psi, S. (2020). Pentingnya Problem Solving Bagi Seorang Remaja. Jakad Media Publishing
Jensen, E. 2011. Pemelajaran Berbasis-Otak: Pradigma Pengajaran Baru. Jakarta: Indeks.
Johnson, E.B. (2007). Contextuak Teaching and Learning (Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna). Mizan Learning Center (MLC). Bandung.
Jumaisyaroh, T. E., Napitupulu, E. E., & Tenenbaum, G. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal AdMathEdu 5(1), 87- 106.
Kartimi, Liliasari. 2012. ―Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.‖ 1(1): 21–26. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/art icle/view/2008/2122.
Khairunnisa, K. (2019). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Berpikir Kritis Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Kontekstual Kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Susu
Tahun Pelajaran 2018-2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Larsson, Kristoffer. 2017. ―Understanding and Teaching Critical Thinking — A
New Approach.‖ International Journal of Educational Research 84(December 2016): 32–42. http://dx.doi.org/10.1016/j.ijer.2017.05.004.
Marzano, R.J. et all, 1988. Dimension of Thinking: A Framework for Curriculum and Instruction. Viginia: Association for Supervision and Curriculum Development.
Maulidya, A. (2018). Berpikir dan problem solving. Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 4(1).
Palumbo.D.B. 1990. Programming Languange/Problem-Solving Research: A Review of Relevant Issue. Review of Educational Research; Spring. Vol. 60 (1), pp 65-89.
PP RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Rachmawati, Dwita and Eli Rohaeti. 2018. ―Pengaruh Model Pembelajaran Sains, Teknologi, dan Masyarakat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Peserta Didik.‖ Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains VI (I) : 23-39.
Santrock (2011) Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.
Santrock, John W. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana. 2011.
Sapriya, (2011). Pendidikan IPS. Bandung : Remaja Rosdya Karya
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabet
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Utami, L. O., Utami, I. S., & Sarumpaet, N. (2018). Penerapan Metode Problem Solving Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain.Tunas Siliwangi, 3(2), 175-180.
Wicklelgren, W. A.. 1974. How to Solve Problem: Elements of a Theory of Problem Solving. New York: W.H. Freeman and Company.
Wijaya, Cece. 2010. Pendidikan Remidial. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yuli, Eka dan Sari Asmawati 2007. ―Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Konsep Siswa‖. jurnal Pendidikan Fisk.
Zubaidah, S. (2010, January). Berpikir Kritis: kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. In Makalah Seminar Nasional Sains dengan Tema Optimalisasi Sains untuk memberdayakan Manusia Pascasarjana Unesa (Vol. 16, pp. 1-14).
Bey, A., & Asriani. (2013). Dipetik April 3, 2017, dari Penerapan Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar
Wibowo, S. A., Mulyono, M., & Sumarti, S. (2018, February). Penerapan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan kemampuan abstraksi matematis dan tanggung jawab siswa kelas XI perhotelan SMKN 6 Semarang. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 409415).
Article Metrics
Abstract view : 58 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)