Increasing the Ability to Recognize Number Symbols Through the Media of Number Dice in Children with Mild Intellectual Disabilities at Special Schools in Makassar City

Maria Anggi Nofianti(1*), Kasmawati Kasmawati(2), Syamsuddin Syamsuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


The problem of this research is that mildly mentally retarded children at SLB Negeri 1 Makassar are not yet able to recognize number symbols. The formulation of the research problem is "How is the application of number dice media in improving the ability to recognize verbal symbols in mentally retarded children in class II at SLB Negeri 1 Makassar?". The aim of this research is to find out: 1) Increasing the ability to recognize number symbols before applying number dice media to mildly mentally retarded children. 2) Increased ability to recognize number symbols after applying number dice media to mildly mentally retarded children. 3) Increasing the ability to recognize number symbols through number dice in mildly mentally retarded children.

Full Text:

PDF

References


Azhar, Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2004). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktel. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Abdul Halim Fathani, Matematika,(Jogjakarta:Ar-ruzz Media.2012), hal 120.

Aisyiyah. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. (Jakarta: Universitas Terbuka, 2009), hal. 78

Amin, M. 1995. Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Bandung Depdikbud

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Andriyani. 2009. Gerilyawan – Gerilyawan Kecil. Jakarta : Erlangga.

Amalia, Ilmia. 2022. Meningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Angka Bergambar Pada Anak Kelompok B3 TK Aisyah Bustanul Athfal Kecamatan Mamajang Kota Makassar.SKRIPSI. Makassar:Universitas Muhammadiyah Makassar.

Diah Rahmatia, Ensilopedia Matematika,(Bekasi:Ganeca Exact,2007),hal.1

Efendi. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta:Bumi Aksara

Hasan, Najmiah.(2019).Peningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Dengan Menggunakan Media Kartu Angka Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV Di SLB Negeri Lutang Kabupaten Majene.Makassar: Universitas Negeri Makassar.http://eprints.unm.ac.id/21789/

Mangunsong, F. (2014). Psikollogi Dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid Kesatu . Depok : LPSP3 UI.

Mulyati, Sri. 2010. Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Bermain Lempar dadu Huruf pada Anak Tunagrahita Kelas B Smester I di Taman Kanak-Kanak Elim Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Surakarta: Program Studi Pendidikan Khusus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Muliani, Baiq Nurul. 2019. Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Model Kereta Api. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah,Vol. 1(1), 26.

Ni Wyn Apriliani, dkk. (2013). Penerapan Model Number Head Together Dengan Media Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan . Vol. 1 No. 1

Putu Wika Susi Andriyani, dkk. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak DI TK Widya Suta Kerti Sulanyah. Vol.1 No.1 (2013):Juli , 1-11.

Rusmansyah, Kamus Pintar Maitsains,( Bandung: Epsilon Grup,2006),hal. 47

Runtukahu, J.Tombokan dan Kandou,Selpius. 2013. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Somantri, S. (2006) “Psikologi Anak Luar Biasa” Refika Aditama

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Tajudin, ddk, Kumpulan Rumus Matematika Taman kanak-kanak,(Jakarta: Depdiknas, 2005), hal.1

Tauriska, Vivin Eka & Elisabeth Christiana. 2014. Penggunaan Media Dadu Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok A Di TK Jendral Sudirman. SKRIPSI. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Zan, Pieter. (2017). Dasar-dasar Komunikasi Bagi Perawat . Jakarta : Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)