The Influence of Using the Google Meet Platform on Student Learning Outcomes at Makassar State University
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Achmad, F. dkk. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Meet dan Whatsapp Group untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid 19. Modeling; Jurnal Program Studi PGMI, 8(1): 28-42.
Agus, S. (2016). Coperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Albert, E. P. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.
Anggraini, F. (2019), Pengaruh keberhasilan penggunaan google meet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 7 Pekanbaru. Skripsi.. Pekanbaru : Universitas Islam Negeri Suska Riau. 188–213.
Arikunto, S & Jabbar, C.S.A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Asep, J & Abdul, H. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pression.
Efendi, A. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah : CV Sarnu Untung.
Hadiyanto. (2016). Teori & Pengembangan Iklim Kelas & Iklim sekolah. Jakarta: Kencana.
Haka, Nukhbatul Bidayati, Liza Anggita, Bambang Sri Anggoro, and Abdul Hamid. 2020. Pengaruh Blended Learning Berbantukan Google Classroom Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 8(1): 1–12. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1806.
Ilmadi, Elda, H., Isnurani, & Nurlev, A. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Penggunaan Platfrom Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19 Dengan Menggunakan Metode Servqual & IPA. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaraan, 783–791. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/26145/165 4486450577_3. Prosiding seminar nasional.pdf?sequence=1
Komalasari, E. R. (2020). Google Meet Application and Media Power Points to Improve IPA Learning Results. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(3): 463–69.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/pedagogia.
Maria, R. W. (2021). Pembelajaran di Masa Pandemi Inovasi Tiada Henti. D.I. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh (Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi). Bandung: Alfabeta.
Muniroh, S. H., Siti, R., & Sigit, R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Media Google Meet Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi dan Sains.
Pandu, H. (2020). Sekolah Dalam Jaringan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka.
Prayogi, dkk. (2015). Hubungan Komunikasi Pembelajaran Sistem E-learning dengan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Komunikasi, 1(2): 101-1077.
Puji, N. H., dkk. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Online Google Meet Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Pekalongan. Jurnal Santika.
Rizka, A. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dengan Google Meet Selama Pandemi Covid 19 Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal kajian Pendidikan dan social.
Rizki, N. P. (2020). Analisis Penggunaan GogleMeet Berbasis Android Mobile Dalam Minat Belajar Mahasiswa Informatika, Vol.1,No.2
Rusman, dkk., (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, R. (2020). Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Skripsi.Semarang : Universitas Katolik Soegajipranata.
Siregar. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Siti, A., & Dwi, I. S., (2021). Efektivitas Penggunaan Platform Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1): 45-49
Siti, H., Siti, R., & Sigit, R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Media Google Meet Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukuasi dan Sains, 2(2):410-419
Siti, R., ,Triesninda, P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-learning Dengan Gogle Meet Terhadap Hasil Belajar siswa, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol.5, no.1,
Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Syaiful, B. D., & Aswan, Z.(2014). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Renika Cipta, Hlm. 109.
Tarjo. (2019). Metode Penelitian. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Winkel, W. S. (2015), Psikologi Pengajaran, Yogyakarta : Media Abadi, h. 16.
Syaiful, B. D., & Aswan, Z.(2014). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Renika Cipta, Hlm. 109.
Tarjo. (2019). Metode Penelitian. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Winkel, W. S. (2015), Psikologi Pengajaran, Yogyakarta : Media Abadi, h. 16.
Article Metrics
Abstract view : 29 times | PDF view : 97 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)