The Influence of Emotional Intelligence and Spiritual Intelligence on the Level of Understanding of Vocational High School Students in Accounting Learning

Nurul Ainunnisa(1*), Sitti Hajerah Hasyim(2), Nuraisyiah Nuraisyiah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


This study aims to determine what the influence of emotional intelligence and spiritual intelligence on the level of understanding of accounting lessons. The variables in this study are emotional intelligence (X1) and spiritual intelligence (X2) as independent variables and the level of understanding (Y) as the dependentvariable. The population is all students of class XI APKM (banking accounting andmicrofinance) SMKN 2 Maros, totaling 30 students. The sampling technique used saturated sampling technique with a sample of 30 students who were taken entirelyby students of class XI APKM. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The data analysis technique used is descriptive analysis, instrumenttest, classic assumption test, and hypothesis testing.

Full Text:

PDF

References


AA. Anwar Prabu Mangkunegara, (2014), Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Akimas, Hari Nugroho. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ) Terhadap Kinerja Pegawai Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 4, Nomor 3.

Arie Pangestu Dwijayanti. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN”. Jakarta

Aziza, N., & Rissyo Melandy, R. M. (2006). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang.

Baridwan, Zaki. (2001). Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE.

dan Supomo, I. (1999). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. BPFE Yogyakarta. Yogyakarta.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Depdikbud, (2000), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta

Erwin Widiasworo. (2017). Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: In Media.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goleman, D. (2003). Working With Emotional Intelligence “Kecerdasan Emosional Untuk MencapaiPuncak Prestasi”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel (2015). Emotional Intelligence

: Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2016). Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional (Alih Bahasa: T.

Hermaya). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Halimah, L. (2021). Keterampilan Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama. Hamdayama, J. (2017). Metoodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kilpatrick, J., Swafford, J. & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press

Ludigdo, U. (2005). Pemahaman Strukturasi Atas Praktik Etika di Sebuah Kantor Akuntan Publik. Ringkasan Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, Malang.

Nugraha, A. P. (2013). Pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Skripsi Universitas Jember.

Panangian, Reza. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual TerhadaP Pemahaman Akuntansi Pada Pendidikan Akuntansi. Artikel Ilmiah tidak di Publikasikan: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Rachmi, F. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Semarang. Jurnal Pendidikan Akuntansi.

Rahmasari, L. (2012). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1).

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran.

Depok: PT Rajagrafindo Persada

Robbin & Judge. (2015). Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie. (2017), Metode Penelitian Bisnis, Edisi 6, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Suryaningrum, Sri dan Eka Indah Trisnawati. 2003. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Pendidikan Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi VI. Surabaya.

Suryaningrum, S., Heriningsih, S., & Afuwah, A. (2004). Pengaruh Pendidikan Tinggi Akuntansi Terhadap Kecerdasan Emosional. Simposium Nasional akuntansi VII, Denpasar.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Kualitatif.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan K & D. Bandung: Alfabeta.

Umi, Narimawati. (2010) Metodologi Penelitian: Dasar Penyusun Penelitian Ekonomi.Jakarta: penerbit Genesis

Walgito, B. (2009). Pengertian Persepsi. Online),(http://definisipengerti an. blogspot. com, di akses 24 okteber 2014).

Widiasworo, Erwin. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa diLuar Kelas.Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Yuniani, Anggun. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emsoional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi Universitas Diponegoro

Yani, Fitri. 2011. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi. Universitas Riau.

Yosep Iyus. (2005). Pentingya ESQ (Emotional Spiritual Quotion) Bagi Perawat Dalam Manajemen Konflik.Universitas Padjajaran, Bandung.

Zakiah, F. (2013). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi.

Zohar, D., & Marshall, I. (2002). SQ memanfaatkan kecerdasan spiritual dalam berfikir integralistik dan holistik. Bandung: Mizan Pustaka.

Zohar, Danah dan Marshall, Ian, (2005), Memberdayakan SC di Dunia Bisnis. Terjemahan. Helmi Mustofa. Bandung: Mizan.


Article Metrics

Abstract view : 50 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)