The Influence of the Role of Parents on the Learning Activeness of High School Students in Sinjai Regency

Muh. Ishak Anas(1*), Muhammad Anas(2), Nur Fadhilah Umar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


This study discusses the influence of the role of parents on the active learning of students at SMA Negeri 1 Sinjai. The purpose of this study was to determine the effect of the role of parents on the active learning of students at school. The approach used in this research is quantitative research, with the type of regression research. Sources of data in this study are teachers and students. Data collection techniques using a closed questionnaire. Data analysis techniques using descriptive and simple linear regression. The results of this study indicate that there is an influence between the role of parents in increasing the active learning of students at SMA Negeri 1 Sinjai. The type of activity carried out is by providing understanding through a questionnaire.

Full Text:

PDF

References


Afni, N., & Jumahir, J. (2020). Peranan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 108-139.

AJARAN 2018/2019 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Andani, M. (2020). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XII Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Penerbangan Angkasa Nusantara Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Andriyani,J.(2020).Peran Lingkungan Keluarga Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Juli Andriyani. At-Tauid,3(1),86–98.

Anggraini, N. (2021). Peranan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43-54.

Azizah,L.K.(2020).Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Min 02 Madiun Kabupaten Madiun.

Baiti, N. (2020). Pengaruh pendidikan, pekerjaan dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 44-57.

Desmita(2013) Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Duryat,H.M.(2021).Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Penerbit Alfabeta.

Firdawati,I.,& Hidayat,W.(2018). Hubungan antara keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMK.Visipena,9(1),151-158.

Hendriani,M.P.(2021). Peran Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Berbasis Laerning At Home Di Kelas IV SDN 76 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno).

Hidayat,K.R.(2018).PengaruhPeranOrangTuaTerhadapTingkatTechnostressPada Siswa DiMAN4Sleman,Yogyakarta.

Iftitah,S.L.,& Anawaty,M.F.(2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak dirumah selama pandemic Covid-19. JCE(Journal of Childhood Education),4(2),71-81.

Kamza, M., Ibrahim, H., & Lestari, A. I. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal basicedu, 5(5), 4120-4126.

Khumaeroh, A., Nurhayati, T., & Jaelani, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berupa Kartu Domino Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Penggolongan Hewan Kelas IV MI Wathoniyah Babadan Cirebon Tahun 2020. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 2(1), 99-119.

Kia, A. D., & Murniarti, E. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 264-278.

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241-256.

Leobisa, J., & Namah, M. G. (2022). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3301-3309.

Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 549-558.

Lissa, L. (2017). Penggunaan metode giving questions and getting answer terhadap keaktifan belajar siswasma. Bioeduscience,1(1),11-18.

Maratuz Zahroh, N.(2018). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Keaktifan Anak Usia SD/MI dalam Shalat Lima Waktu di Kelurahan Kertosari Kecamatan Baba dan Kabupaten Ponorogo(Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Mardian,W.,&Sylvia,I.(2020). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui

Mardiani, D. P. (2021). Pengaruh peran orang tua terhadap motivasi dan kedisiplinan belajar anak sebagai dampak wabah covid-19. Jurnal Paradigma, 11(1), 109-144.

Na'im, Z., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 32-52.

Naziah, S. T., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa selama pembelajaran daring pada masa covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 109-120.

NINGSIH, W. (2019). HUBUNGAN PRESEPSI POLA ASUH OTORITER ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMK TARUNA BANDAR LAMPUNG TAHUN

Parhusip, G. D., Kristanto, Y. D., & Partini, P. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 293-306.

Penerapan Model Students Divisions Achievement Divisions di XI IPS

Prestasi Belajarnya. Satya Wydya, 15(1), 1–13.

Puspitasari, R. (2020). Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan Di Indonesia.Diambil 26 Mei 2020, dari Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Rambe,M.(2021). Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Keaktifan Belajar Anak pada Masa Pandemi di SD Negeri 107442 Pematang Kuala(Doctoral dissertation).

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.

Rosita,D.,Nurdin,S.,&Rahma,N.(2021). Hubungan Kepedulian Orang Tua Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Dara. Jurnal Suloe, 6Nomor1,19–26.

sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121-138.

Samsudin, S. (2019). Pentingnya peran orangtua dalam membentuk kepribadian anak. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 50-61.

Sanjaya, W.(2013). Strategi Pembelajaran.Bandung: Kencana. Slameto.2002.Peranan Ayah Dalam Pendidikan Anak Dan Hubungannya Dengan

Septoyadi, Z., Candrawati, V. L., & Mahyadien, M. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring Bagi Pelajar Dalam Membentuk Keaktifan Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 282-290.

Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran

Sundari, S., & Yoridho, S. A. (2018). Langkah Kakiku Setelah SMA. Jakarta: Publica Institue Jakarta.

Umar, J.,& Nisa, Y.F. (2020). Uji Validitas Konstruk dengan CFA dan Pelaporannya. JP3I (Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia), 9(2), 1-11.

Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1-15.

Wardani, A. dan Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi: jurnal Pendidikan anak usia dini. Volume 5 Issue I

Wibowo, Nugroho. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education, 1(2): 128-139.

Winarti,W.(2013). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penyusutan Aktiva Tetap Dengan Metode Menjodohkan Kotak. DinamikaPendidikan, 8(2).


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)