Improving Beginning Reading Ability Through Phonics Methods in Autistic Students at Inclusion Quantum Brain Elementary School Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Baihaqi & Sugiarmin. 2020. Dalam buku Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: Jl. Raya Leuwinanggung No.112 PT.RajaGrafindo Persada
Christopher, S.2012. Unlocking Autism. Yogyakarta: Lintangterbit.
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dhieni, Nurbiana, dkk. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Fadhli, A. 2010. Buku Pintar Kesehatan Anak. Yogyakarta: Pustaka Anggrek
Hadis, A. 2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. Bandung. Alfabeta.
Haris dalam Abdurrahman. 2010. Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir, 5(4).
Hindle, D. 2007. Teaching Reading in the Early Grade. Department of Education of South Africa. Cape Town: Formeset Digital
M. Tahir, Sumarti. 2007. Cerdas berbahasa Indonesia dengan metode fonik. Pustaka hati educenter. Jawa Barat.
Mangusong. 2009. Dalam buku pendidikan anak autisme. 2018. Jawa Barat: Jl. Jami No. 230 Sindangjawa.
Munawir, Y. 2005. Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar: Konsep dan Penerapannya di Sekolah maupun di Rumah.
Nofrienti, L. 2012. Peningkatan kemampuan membaca anak melalui metode fonik di taman kanak-kanak islam adzkia bukittinggi. Skripsi. Padang: Universitas Negeri padang.
Nurbiana. D. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Pasaribu, L.H. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Fonik Pada Anak Ra Mukhrijul Hidayah Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi. Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Pertiwi, K. B. L. A. T., & Tulung, K. I. K. Anonim. 2004. Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Taman Kanak-Kanak Jakarta: Depdiknas. Nurbiana. D. 2010. Metode Pengembangan Bahasa: Jakarta: Universitas terbuka.
Poedjiadi, Anna. 2005. Sains dan Teknologi Masyarakat. Bandung: PT. Remaja
Rahim, F. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Riduan M. 2010. Inovasi Dahsyat Belajar Membaca. Jakarta. Pustaka Widyatama Rosdakarya.
Sanjaya, W. 2015. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.
Sari, Y.K & Rianto, E. Pengaruh metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok A. Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Slavin, E.R. 2014. Membaca Membuka Pintu Dunia Program Success for All Model yang Jelas dan Kuat untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar. Edisi kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiono. 2005. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutikno, M. Sobry. 2009. Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Bandung: Prospect
Tarigan, Henry Guntur. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008
Widyawati. 2002. Dalam buku pendidikan anak autisme. 2018. Jawa Barat : Jl. Jami No. 230 Sindangjawa.
Yusuf. 2005. M
Mengatasinya. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Leedy, P. D., & Ormrod, H. (1997). Qualitative evaluation and research methods. Sage Publications.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. etode fonik Dengan Media Word Wall Terhadap Kemampuan Membaca Kata Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(3).
Yuwono, J. 2012. Memahami Anak Autistik. Bandung: Alfabeta Bandung
Zubaidah, E. 2013. Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Diagnosa dan Cara
Article Metrics
Abstract view : 36 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)