Use of Clay Media to Improve the Ability to Recognize Flat Shapes in Children with Spastic Types of Cerebral Palsy in Special Schools
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. PT Remaja Rosdakarya.
Donal, Y. Van. (2019). Meningkatkan Keterampilan Mengenal Bentuk Bangun Datar Melalui Media Clay Pada Anak Cerebral Palsy Jenis Spastik Kelas II di SLB YMIK Bayang. Universitas Negeri Padang.
Firmanawaty. (2005). Mahir Matematika Melalui Permainan. Pustaka Tiga Kelana.
Indrasati, D., Myrnawati, & Handini, C. (2018). Increasing Creativity Through Clay ( Action Research Children B In TK ISLAM Baitussalam ) Dinar Indrasati Karnadi. International Journal of Latest Research in Humanities and Social Science (IJLRHSS), 01(10), 39–45.
Irdamurni. (2018). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. In Goresan Pena Anggota IKAPI. Goresan Pena.
Ismaidi, J. (2008). Mari Berbicara Matematika Bangun Datar : Ensiklopedia Matematika Anak. Rizki Grafis.
Jati, M. H. (2009). Kreasi Membuat Clay. Medika Pustaka.
Kasiran. (2008). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press.
Nurfadilla, H. N., Gamayani, U., & Dewi Nasution, G. T. (2018). Komorbiditas Pada Penyandang Cerebral Palsy (CP) Di Sekolah Luar Biasa (SLB). Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 7(2), 90–96. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v7i2.19403
Permatasari, P. (2013). Penggunaan Media Clay untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar Pada Anak Tunarungu Kelas I di SLB Az-Zakiyah Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Prabawa, Y. N. (2016). Peningkatan Keterampilan Membuat Clay Menggunakan Bahan Tepung Bagi Siswa Tunarungu Kelas II B SLB Negeri 2 Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.
Pratiwi, P. E., Hermawan, & Priyono. (2016). Penggunaan Media Clay Dalam Pengenalan Bangun Datar Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Tunagrahita Sedang Kelas V-C Di SDLB Negeri Karanganyar Tahun. 1–18. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/263391/MjYzMzkx
Salim, A. (1996). Pendidikan Bagi Anak Cerebral Palsy. Depdikbud.
Suklasrini, N. A., Meidina, T., & Bastiana. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Teknik Latihan Graphomotor Pada Siswa Sekolah Dasar Cerebral Palsy. Phinisi Journal Of Art, Humanity & Social Studies, 2(6).
Weni, M. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar Sederhana Melalui CAI (Computer Assisted Instruction) Pada Anak Tunagrahita Ringan (Single Subjeck Research diSLB MuhammadiyahPauh IX Padang). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(1), 280–293. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/953
Article Metrics
Abstract view : 37 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)