Application of the Trailing Technique to Increase the Independence of the Blind in Special Schools
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Efendi, M. (2009). Pengantar Psiko Paedagogik Berkelainan. Bumi aksara.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Hadi, P. (2005). Kemandirian Tunanetra Orientasi Akademik dan orientasi mobilitas. Depdiknas.
Hidayatullah. 2018. Layanan Rehabilitasi Tunanetra di Rumoh Seujahtera Beujroh Meukarya. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus. 9(2), 62-76. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14.
Irham, H. (1996). Buku Ajar Orientasi dan Mobilitas. Jakarta: Depdikbud Dirjen.
Kartono, K. (2005). Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja. Yogyakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Lilis, W. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Jakarta: Pt. Luxima Metro Media.
Lusli, M. M. (2009). Helping Childern With Sight Loss. Jakarta: Mimi Institute.
Mir’atannisa. (2017). Resiliensi siswa tunanetra dalam kegiatan olahraga Sport resilience in students with visual impairment. 6(2), 423–438. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i2.14497
Maryatun, Tri. 2016. Pengelolaan Pembelajaran Membaca Permulaan Tulisan Braille Melalui Sistem Mangold Pada Siswa Tunanetra. Manajer Pendidikan, Vol.10No.5.https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download/1304/1099.
Nanang, A. (2016). Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4283
Nasution, T. (2018). Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1). http://repository.uinsu.ac.id/10684/
Priyadi, Eko. 2014. Analisis Aplikasi Talkback Bagi Penyandang Tunanetra Pada Sistem Operasi Android. Dokumen Karya Ilmiah Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Vol.1 No.1, http://eprints.dinus.ac.id/13469/1/jurnal_14174.pdf.
Rani, Khairunisa. Rafikayati, Ana. Jauhari, Muhammad Nurrohman. 2018. Keterlibatan Orangtua Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas. Vol 2, No. 1.
http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/abadimas/article/view/1636.
Rini, A. (2006). Jangan Biarkan Tumbuh dengan Kebiasaan Buruk. Solo: Tiga Serangkai.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.
Siyoto, S & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Styaputra, F. O. A. 2015. Pengembangan Media Puzzle Braille Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Anak Tunanetra Kelas IV Di Sdlb A/D Kemala Bhayangkari Trenggalek. Skripsi. Universitas Negeri Malang.
Sumekar, Ganda. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus Cara Membantu Mereka Agar Berhasil Dalam Pendidikan Inklusif. Padang : UNP Press.
Utami, W. Z. S. (2016). Pengaruh Konseling Keluarga Terhadap Kemandirian Anak Tunagrahita Di SLB Dharma Wanita Kota Mataram. Jurnal Realita, 1(2).
Wardani. (2011). Pengantaikan luar biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Widaningrum, L. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
Yudhiastuti, Anita & Azizah. (2019). Pembelajaran Program Khusus Orientasi Mobilitas Bagi Peserta Didik Tunanetra di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan dan Pembelajaran. Vol.3 No.1, https://ojs.unm.ac.id/index.php/pembelajar/article/view/5778
Yalianti. I., & Supandi, A, A. 2019. Pelaksanaan Pembelajaran Orientasi dan Mobilitas bagi Anak Tunanetra di SLB Negeri 1 Bukittinggi. JurnalPenelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus Volume Nomor Tahun 2019 ISSN: Online 2622-5077. .http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/104562 diakses: Kamis, 9 Juni 2022.
Article Metrics
Abstract view : 35 times | PDF view : 67 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)