The Application of the Cooperative Learning Model of the Think Pair Share Type to Improve the Speaking Skills of Elementary School Students in Gowa Regency
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Angriyani, D. H., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tps (Think Pair Share) Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas Iv A Sdn 5 Cakranegara Tahun Ajaran 2020/2021. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 137-147.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Al Murod, S. H. N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dengan Materi Menceritakan Kembali Isi Fabel/Legenda Daerah Setempat Pada Siswa Kelas Vii Mts. Islamiyah Kedungjambe-Singgahan-Tuban Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral Dissertation, Ikip Pgri Bojonegoro).
Astuti, V. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Picture and Picture Pada Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Siklus Air Di Kelas V Sd Negeri 046580 Aek Nauli Kecamatan Mardingding Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).
Asria, V. Z. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Awal Siswa Sekolah Menengah Atas Babussalam Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Fahrozi, M. (2018). Penerapan Metode Think Pair Share (Tps) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas Vi Di Mi Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Fauzi, A., & Rahmawati, D. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dan Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Kompetensi Dasar Memproses Buku Besar Siswa Kelas X Akuntansi 1 Smk 17 Magelang Tahun Ajaran 2017/2018. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7(4).
Ferina, O. M. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Berbicara Siswa Kelas 3 Sd Negeri 1 Hadiluwih Tahun Ajaran 2029/2020 (Doctoral Dissertation, Stkip Pgri Pacitan).
Guswita, R., & Subhanadri, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Kelas V Sd Negeri 13 Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 665-673.
Hardiani, D. R., Budiati, B., & Dewi, M. K. (2019). Penerapan Metode Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa Di Sma 2 Ungaran. Philosophica Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 2(2), 123-131.
Husna, A. R. Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Sdn 1 Sripendowo Ketapang Lampung Selatan Dalam Pembelajaran Tematik (Bachelor's Thesis, Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta).
Ibrahim, Muslimin. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESAUniversity Press.
Indratayana, N., Ni, I. S., & Sedeng, D. I. (2016). Penilaian Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Asing. Jurnal: Linguistika, 23.
Iskandar, Denni. (2012). Materi Berbicara Smp. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Larosa, A. S., & Iskandar, R. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Pantun Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3723-3737.
Lawota, Y. E. (2018). Penerapan Teknik Cerita Berantai Untuk Meningkatka Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Iv Sd Inpres Nangameting. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 39-51.
Marwanti, A. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Tema Kayanya Negeriku Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Marzuki, I. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Dalam Teks Berita Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Pada Siswa Kelas Xii Mipa3 Sma Negeri 1 Ciampea Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Inovasi, 4(2), 1-6.
Miftahul Huda. 2014. Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur, Dan Model Penerapan). Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Mudini, M., & Purba, S. (2009). Pembelajaran Berbicara. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bahasa.
Muthmainnah, F. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Tps Pada Siswa Kelas Iv Sdn Lempuyangan 1. Basic Education, 7(4), 333-344.
Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi (1st Ed., Vol. 6). Bpfe-Yogyakarta.
Rezeki, N., Syahrial, S., & Surya, Y. F. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Kooperatif Think Pair Share. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 946-954.
Rianingsih, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tps (Think Pair Share) Dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas 3. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 339-346.
Rohana, Syamsuddin. (2021). Keterampilan Bahasa Indonesia Pendidikan Dasar.
Article Metrics
Abstract view : 41 times | PDF view : 33 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)