Application of the Student Facilitator and Explaining Learning Model to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students in Gowa Regency
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 247–264.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.
Aprita, Y. M., Nuraeni, Y. S., Warpindyastuti, L. D., & Syarif, M. (2021). Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa. Jurnal Akrab Juara, 6(2), 111–123.
Arikunto, Suhardjono & Surpardi. (2012 ). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asriningtyas Anastasia N, Firosalia Kristin, Indri Anugraheni, (2018). Penerapan Model Pembelajaran problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan HAsil belajar Matematika Sisw Kelas 4 Sd. JKPM, 5 (1), 26.
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Huda, M. (2018). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Huda, Miftahul. 2011. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi
KD. Ayuning Raresik, I Kt. Dibia, I. W. W. (2016). Siswa Kelas V SD GUGUS VI Fakultas Ilmu Pendidikan e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Pembelajaran Bahasa Indonesia di. 4(2).
Mappasoro S. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Pingge, H. D. (2018). Jurnal Faktor Hasil Belajar. Jurnal Faktor Hasil Belajar, 6(2), 166–176. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/14288/pdf
Shoimin Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media
Sinring, Abdullah dkk. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi Program S-1. Fakultas Ilmu Pendidikan Unm
Smp, D. I., Muaro, N., Basuki, F. R., Pangestu, M. D., Asmara, N., & Prasetya, D. (2019). Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi , Jambi , Indonesia Email : [email protected] Edufisika : Jurnal Pendidikan Fisika Volume 4 Nomor 2 , Desember 2019. 4.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Rizki, D. A., Yudha, C. B., & Suhel, A. R. (2020, November). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Materi Bangun Ruang dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II (pp. 11-20).
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237.
Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Terbit Terang
Undang-Undang RI Nomor 22 tahun 2006 Tentang Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Cemerlang
Winarno. (2022). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Bumi Aksara.
Yulia, Shasliani, & Isnawati. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Savi ( Somatic , Auditory , Visual dan Intellectualy ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV UPT SDN 106 Pinrang. Publikasi Pendidikan, XX, 1–9.
Article Metrics
Abstract view : 46 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)