The Effect of the Predict, Observe, Explain (POE) Learning Model on Learning Outcomes of Elementary School Students in Science Subjects in Gowa Regency
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amal, A., & Kune, S. 2018. Peranan Pembelajaran IPA Berorientasi POE (Predict, Observe, Explain) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Ariyanti Lisa, Dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran POE (Prediction Observation Explanation) di Lengkapi LKS Berbasis Drill and Practice Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 3 Semester Genap SMAN 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 7 No. 1. Hal: 92. ISSN 2337-9995.
Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamikia Belajar Siswa. Yogyakarta: Deeppublish
Indrawati, W. S. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Untuk Guru SD. Jakarta: PTK IPA.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi kurikulum 2013: konsep & penerapan. Kata Pena.
Mirdad, J. 2020. Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2(1), 14-23.
Muna, I. A. 2017. Model pembelajaran POE (predict-observe-explain) dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses IPA. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(1), 73-92.
Novanto, Y. S., Anitra, R., & Wulandari, F. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Poe Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 205-211.
Octavia, Shilpy.2020. Model-model Pembelajaran. Sleman: DEEPPUBLISH
Rahma, A. M., Taqwa, M. R. A., & Pramono, N. A. 2020. Development of physics learning media with poe model-based corrective feedback for senior high school. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 86-96.
Rikmasari, R., Sundari, K., & Nuraini, H. 2022. Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1634-1645.
Rosid, Abdullah, Animol, dkk.2019. Prestasi Belajar . Malang: Literasi Nusantara Abadi
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. 2020. Problem-solving method: The effectiveness of the pre-service elementary education teacher activeness in the concept of physics content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074-1083.
Suardi, Moh. 2018, Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
Warsono,H. 2017 Pembelajaran Aktif, Teori, dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wibowo, A. S. B., Suryanti, S., & Supardi, Z. A. I. 2022. Penggunaan Media Pembelajaran IPA Model POE (Predict Observe Explain) untuk Melatih Kemampuan HOTS Siswa SD. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 6343-6352.
Wijanarko, Y. 2017. Model pembelajaran Make a Match untuk pembelajaran IPA yang menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52-59.
Article Metrics
Abstract view : 44 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)