The Use of Picture Word Card Media to Improve Beginning Reading Skills in Elementary School Students
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2017). Pembelajaran Literasi. Bumi Aksara.
Abidin, Yunus, dkk. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Alfin, Jauharoti. 2018. Bahasa Indonesia. Jakarta: LAPIS
Daryanto. (2018). Efektivitas Pemberian Penguatan Positif untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Diusia Dini. Universitas Muhammadiyah Magelang.
Depdiknas. (2012). Pengelolaan Program Belajar BERMUTU. Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan - Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidikan - Departemen Pendidikan Nasional.
Emgusnadi, E. (2018). Metode Pembelajaran SAS untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I SD Negeri 021 Sitorajo Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(5), 659–665.
Halimatussakdiah, dkk. (2018). Pembelajaran Literasi Anak. Mahara Publishing.
Hermita, N., Widyanthi, A., Kurniawan, O., & Witri, G. (2020).ImplementasiMetode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sd. 4(November), 1198–1205.
Hidayah, N., & Novita. (2016). Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas II C semester II di MIN 6 Bandar Lampung T.A. 2015/2016. TERAMPIL (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar), 3, 85–102.
Kadir, D. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN 05 Wanggarasi Tahun 2014/2015 Melalui Media Gambar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(2), 93–102.
KBBI. (2019). KBBI Daring. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Khotimah, A. H., Djuanda, D., & Kurnia, D. (2016a). Keterampilan Membaca Cepat dalam Menemukan Gagasan Utama. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 341–350.
Khotimah, A. H., dkk. (2016). Keterampilan Membaca Cepat dalam Menemukan Gagasan Utama. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 341–350.
Kadir, D. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN 05 Wanggarasi Tahun 2014/2015 Melalui Media Gambar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(2), 93–102.
Mulyani, S. R. I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Bahasa Indonesia dengan Penerapan Aplikasi Quizizz Siswa Kelas VII SMP Negeri 40 Sinjai. Universitas Muhammadiyah Makassar.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment And Analytical Framework. OECD Publishing Website. https://doi.org/10.1787/B25efab8-En
Rahmalya, K. (2019). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak di Taman Kanak-Kanak AL-Kautsar Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Rostina. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran. Angkasa.
Sadiman, A. (2017). Media Pendidikan. Grafindo.
Sari, E. V. (2019). Problema Pembelajaran di SD Negeri 82 Pagar Gading Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan (Studi Kasus Siswa Kelas IV SD Belum Bisa Tulis Baca). IAIN Bengkulu.
Sari, E. V. (2019). Problema Pembelajaran di SD Negeri 82 Pagar Gading Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan (Studi Kasus Siswa Kelas IV SD Belum Bisa Tulis Baca). IAIN Bengkulu.
Septiawan, F. (2020). Efektivitas Penggunaan Google Form Dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Di SMK Negeri 1 Koba. Pendidikan Teknik Mesin, 7(2).
Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Trianto. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.
Utami, V. S. P. (2020). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap Keterampilan Membaca Permulaan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Di SD Negeri 101 Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu.
Utamiasih, N. N. S. (2020). Penerapan Metode SAS Berbantuan Kartu Huruf Berwarna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 8 Ababi. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 40– 48.
Wahab, N. J. (2021). Penggunaan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Membaca Permulaan pada pada Murid Tunagrahita Kelas III di SLB Negeri 1 Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Yanuarsari, R., dkk (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Menggunakan Media Papan Flanel. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 55–60.
Yanuarsari, R., Octrianty, E., & Al Afgani, S. N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Menggunakan Media Papan Flanel. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 55–60.
Zuchdi, D., & Budiasih. (2012). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. PAS.
Article Metrics
Abstract view : 40 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)