The Influence of Inquiry Learning Strategies on Learning Activities of High School Students in Economics Learning in Takalar Regency
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arifin. (2014). Penelitian Pendekatan Metode dan Paradigma Baru. Rosdakarya.
Arikunto. (2010). Penelitian Pendekatan Metode dan Paradigma Baru. Rosdakarya.
Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.
Azis, M., Tahir, T., Ramli, A., Sahade,. Hasyim, S. H., Idris, H., et al. (2018). Pedoman Penyusunan Skripsi dan Tugas Akhir. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Djamarah, S. B. (2011). PSIKOLOGI BELAJAR (Ke-3). PT Rineka Cipta.
Aprilisa, H. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran POE (Pediction, Osevation, Explanation) tehadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pemebelajaran IPA Materi Sifat-sifat Cahaya kelas V SDN Klero 01 Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana.
Jumaisa. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik di SMA Negeri 14 Makassar Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Program Sarjana. Universitas Negeri Makassar.
Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Rineka Cipta.
Khaniifah, M. (2013), Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Di Kelas X MAN 2 Cirebon. Skripsi Program Sarjana. Institut Agama Islam Negeri Syekh Nujati Cirebon.
Mulyono, H. & I. S. W. (2015). Strategi Pembelajaran Di Abad Digital (1st ed.). Penerbit Gawe Buku.
Munarfah, A., & Hasan, M. (2009). Metode Penelitian. CV. Praktik Aksara Semesta.
Nurhidayti, Sitti. dkk. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri terhadap Aktivitas Belajar Biologi Siswa. Pendidikan Biologi FMIPA IKIP Mataram & Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.
Oemar, H. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara.
Rinduwan. (2003). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian (Cetakan Ke). Alfabeta.
S, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. KENCANA.
Salim, H. dan. (2012). STRATEGI PEMBELAJARAN (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif) (Rusmiati (ed.)). Perdana Publishing.
Sanjaya, W. (2020). Stratrgi Pembelajaran Berorientasi Strandar Proses Pendidikan (Ke-13). KENCANA.
Sardiman, A. . (2018). INTERAKSI & MOTIVASI BELAJAR MENGAJAR (Ke-24). PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pedidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni. (2014). Metodologi Penelitian. Pustakabarupress.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengan Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). (n.d).
Wahab, R. (2015). PSIKOLOGI BELAJAR (Ke-1). PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1-3.
WIbowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education.
Wiyani, N. A. (2013). Manajemen Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Article Metrics
Abstract view : 45 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)