Implementation of the Pair Check Cooperative Model to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students in Learning Science
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, F. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Tepadu Peserta didik Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tabulahan Kab. Mamasa.
Aminah, Maisarah. (2022). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jawa Barat: Media Sains Indonesia.
Aqib, Zainal. (2014). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya
-----------------. (2010). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru, SD, SLB, TK. Bandung: Yrama Widya.
Aris, T. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Pair Check (Pasangan Mengecek) Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kelas V dan VI SDN 01 Tanggung Turen Kabupaten Malang. Jurnal Pedagogik Olahraga, 42–55.
ARKA, I. M. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ppkn Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check. Journal of Education Action Research, 4(2), 338–344.
Asdar. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Suatu pendekatan praktik. Bogor: Azkiya Publishing.
Bhakti Prima Findiga Hermutaqqien, A. R. (2022). Global Journal Teaching Professional. PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD St., 1, 24–29.
Dewi Astiti, (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA A R T I C L E I N F O. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 193–203.
Ermavianti, D., & Sulistyorini, W. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Membangun Keterampilan Bertanya Produktif Peserta didik. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1)
Fitriana, F., & Azmi Bakhtiar, F. (2014). Karakteristik Peserta didik Kelas Sd. hal 33.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
-------------------. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Prima, B., Hermuttaqien, F., Aras, L., & Indah, S. (2022). Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk. 2(4).
Redasi, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 5(4), 453.
Rosmita, Sari, Siregar. Dkk. 2021. Dasar-dasar Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Rosdiah Salam. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sd Inpres 4 Taipa Ginggiri. 2(1), 19–32.
Sani, Ridwan A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Shoimin, Aris. 2017. 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Subyantoro, 2019. Penelitian Tindakan Kelas Metode, Kaidah Penulisan, dan Publikasi. Depok: Rajawali Pers.
Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Tangerang: Rajawali Pers.
Sulfi, S., Asdar, A., & Rahmaniah, R. 2022. Materi Ajar IPA Berbasis Digital Content Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV-B SD Inpres Panaikang I/1 Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(2), 176–184.
Supriyono. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta didik Kelas Iv Sdn 1 Slempit Kedamean Gresik.
Yonny, A. Dkk. (2012). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia
Article Metrics
Abstract view : 56 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)