Application of the Arisan Card Type Cooperative Model to Increase Active Learning in Elementary School Students in Barru District
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A.M Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta
Andi Dewi Riang Tati,dkk vol.07 nomor 02, Desember (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajaran IPA. PGSD FIP Universitas Negeri Makassar
Agus Suprijono (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Abdulkarim Aim. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Aji.S. ( 2013). Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Uno, Hamzah. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Depdiknas (2006:49).Tujuan pembelajaran PKn.
Dewi, N. P. C. P. (2020). Buku Ajar Mata Pelajaran Sekolah Dasar PKN Dan Pancasila (1st ed.; I. M. Sedana, ed.). Bali: Nilacakra.
Dimyati, Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djahiri,A.Kosasih.(1994/1995:10).Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Surakarta : LPMP.
Djamarah & Zain. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O., (2011), Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi
Aksara.
Hamdayana, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara
indonesia.go.idhttps://indonesia.go.id › pendidikanKamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring - Indonesia.go.id
Isjoni. 2012. Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Maftuj dan sapriya (2005:30).Pembelajaran PKn Melalui Konsep. Jurnal Civicus Implementasi KBK dalam Berbagai konteks 319- 328
Popham. W. (1995). ranah afektif menentukan keberhasilan belajar seseorang.
Rahayu, M. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Penggolongan Hewan Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Lottery Card (Kartu Arisan) pada Siswa Kelas IIIA SD Negeri 005 Penajam Tahun Pembelajaran 2014/2015. Volume 05. Nomor 2. Kalimantan Timur: J-TEQIP
Sumber peraturan dan Undang-undang No. 2 Tahun 1989 tentang Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)
Article Metrics
Abstract view : 45 times | PDF view : 56 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)