Development of the "Love Learning" E-Module as an Effort to Increase High School Students' Learning Motivation

Nur Zerinah(1*), Sulaiman Samad(2), Abdullah Pandang(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


This research is a research on the development of the e-module "Love Learning" information service as an effort to increase student learning motivation, but the weakness of one's motivation is different, it is influenced by the student's condition. In the activity of providing services, it turns out that students are less active in participating in learning. The purpose of this study was to find out: (1) to find out how the field needs the development of the "Love Learning" e-module (2) To find out the prototype of the "Love Learning" e-module as an effort to increase student learning motivation at SMAN 1 Sendna (3 ) To find out the level of validation of students' learning motivation at SMAN 1 Sendana after using the e-module (4) To find out the level of practicality of the "Love Learning" e-module as an effort to increase student motivation. This study used a research model from Borg and Gall which was modified by researchers from 10 stages to 7 stages of development. The research was conducted at SMAN 1 Sendana with 36 respondents while 10 respondents were for small group tests.

Full Text:

PDF

References


Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan. (online). Vol 12,(2), hal 1-9.

Aryanti,YT. (2017). Bimbingan dan Konseling Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Siswa Pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS) Di SMP Negeri 15 Yogjakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Dan Dakwah Islam. (online). Vol.14(2) Hal 29-32.DOI:10.14421/hisbah.2017.142-03

Ahiruddin, dkk. (2022). Efektifitas Layanan Informasi Dengan Media Google Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Daring. Jurnal pendidikan tambusai. (online). Vol 6,(1), Hal 121-123.

Awwaliyah, dkk (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smp Tema Cahaya. Journal Of Natural Science Education. Vol 4, (2), Hal 516-518

Azizah Aziz, dkk (2020). Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Motivais Belajar Ekstrinstik Siswa Kelas X A Di SMK Madinatul Ulum. Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Vol 3, (1) Hal 1-6.

Enda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. (online). Vol 5,(2), Hal 1-3. Faradita, NM. (2021). Motivasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay. Surabaya: CV Jakad Publishing.

Mulyadi, S , dkk. (2019). Psikologi Pendidikan. Depok: Rajawali Pers

Hariadi, F & Nurlena. (2019). Efektivitas Bimbingan Belajar Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Nanggulan Magwoharjo. Vol. 11 (1). Hal 61-84.

Hidayah, N , Witri, A. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Model Think Pair Share Berbantuan Alat Peraga Bahan Bekas. Jurnal Pendidikan. (online). Vol 3,(2), Hal 1-3.

Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal proses belajar anak.(online). Vol IV,(1), Hal 27-40

.Khinzie Feliciano, Dkk. (2021). Pembelajaran daring meningkatkan E-modul pada flipped classroom statistika untuk meningkatkan kemampuan bernalar dan intensi berwirausaha. Jurnal inovasi teknologi pembelajaran. (online). Vol 8 (1), hal 1-3.

Kursi, A. M. (2018). Pengaruh Layanan Informasi Peminatan Terhadap Kemantapan Pilihan Sekolah Lanjutan. Jurnal psikologi, pendidikan & konseling. 2(1),49-57

Marisa, S. (2019). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran Siswa Upaya Mengatasi Permasalahan Belajar. Jurnal Tausiah.Vol 9 (2), 20-27.

Mutmainnah, E. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X MAN 1 Kudus. Journal of guidance and counseling. (online). Vol 2, (1), Hal 79-82.

Muawanah, dkk. (2021). Streategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 : Literatur Reviw. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. (online). Vol 12, (1), Hal 92-95.

Miftah dan Rokhman. 2022. Kiriteria pendidikan dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Jurnal ilmiah pendidikan. Vol 1,(4).

Monoarfa, M & Abdul Haling. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canvca Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru .

Nasution, W. N. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI)

Nadia anwar.(2021). Efektifitas Penerapan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Anak Pada Masa Pandemi Di Desa Babelan Kota. Vol. 1, (87), Hal 98-110.

Pranoto, H. Wibowo, SB, & Haikal, F. (2021). Pengembangan E-Modul Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengenali Minat Dan Bakat. Conseling Milenial (CM). (online). Vol 3,(2), Hal 437-453.

Rahmawati, D, Yuberti, Y, & Syafritmen,S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Dengan Menggunakan Sigi Software Pada MateriPembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Fisika. (online). Vol 12, (2),Hal 106-112.

Rasmi Sitanggang. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era COVID-19 (Studi Literatur). Jurnal ilmu pendidikan. Vol 3,(6), Hal 2-6

Sidiq, R, Najauh. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah.Vol 9,(1), Hal 1-6.

Sulaiman, Y. 2018. Pengembangan E-Modul Percaya Diri Sebagai Media Bimbingan Dan Konseling Di MTS Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Skripsi (tidak diterbitkan). Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan Universistas Gorontalo

Rosichin, Mansur. (2018). Belajar Jalan Perubahan Menuju Kemajuan. Jurnal Vicratina. (online). Vol 3,(1), Hal 145-154.

Setyaputri, Y ,N . (2021). Bimbingan Dan Konseling Bimbingan Belajar (Teori dan Aplikasinya). Bandung: Media Sain Indonesia.

Suharni, Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.

JurnalBimbingan Dan Konseling. (online). Vol 3,(1), Hal 136-141.

Susilowati, ZA. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Modul Elektronik Di Era Revolusi Industri 4.0. JurnalIlmiah Pendidikan Biologi. (online). Vol 6,(2), Hal 145-158.

Setiawati, SM. (2018). Telaah Teoritis Apa Itu Belajar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA. (online). Vol. 35,(1), Hal 32-43.

Soenarto, Oksa. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek Untuk Memotivasi Belajar Siswa Ekolah Kejuruan. Jurnal Pendidikan. Vol. 4,(1), Hal 99-111.

Rofiqah, T , Sasmita. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalaui Kerja Sama Orang Tua Dan Guru BK Di MAN Batam. Jurnal cahaya pendidikan. (online). Vol 3,(2), Hal 64-76.

Wasono, B ,S ,B . (2021) . Strategi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa.Bogor: Guepedia The First On Publisher in Indonesian.

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker.UIN Raden Intan Lampung.

Yayat, dkk. (2019). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing Di SMK. Jurnal Of ,Echanical Engineering Education, Vol. 6, No.(2) , Hal 258-260.

Zulhendri, dkk. (2022). Peran bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMPN 3 Pekanbaru. Jurnal pendidikan tambusai. (online). Vol 6,(1), Hal 8043-8050.


Article Metrics

Abstract view : 46 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)