Application of the Behavior Contract Technique to Reduce Student Academic Procrastination in Senior High Schools in Enrekang Regency

Nur Fadila Istiqamah(1*), Abdul Saman(2), Muhammad Anas(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


The problem in this study is the high level of academic procrastination in students. The purpose of this study was to find out 1) The description of academic procrastination in students 2) The implementation of the behavior contract technique 3) The application of the Behavior contract technique can reduce students' academic procrastination. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental design model. The experimental design used was a non-equivalent control group design. The research population consisted of 30 students and the research sample consisted of 16 students which were divided into the experimental group and the control group, each of which consisted of 8 students. Sampling was done using proportionate stratified random sampling technique. Data collection using the academic procrastination questionnaire instrument and observation. Data analysis used descriptive statistical analysis and parametric analysis, namely the t-test. The results showed that 1) the level of academic procrastination at the pretest in the experimental and control groups was in the high category. At the time of the posttest, the level of academic procrastination of the experimental group students changed to the low category, and the control group remained in the high category. 2) The implementation of the behavior contract technique was carried out according to the procedure that had been designed, namely selecting the behavior to be changed by conducting an ABC analysis, determining behavior to be changed, determine the type of reinforcement, provide reinforcement every time the desired behavior is displayed, and evaluate.

Full Text:

PDF

References


Abdilah, Riyan. 2020. Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self- Management Untuk Menurunkan Perilaku Prokrastinasi akademik peserta Didik Kelas XI IPS 1 di SMA Al-Huda Jatiangung Lampung Selatan Tahun Ajaran 2019-2020.Skripsi. Lampung : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Arimathea, Anggara Yoseph. 2019. Bentuk-Bentuk Perilaku Prokrastinasi yang Terindikasi Tinggi Pada Mahasiswa Yang Dalam Penulisan Skripsi Di FKIP Universitas Sanata Dharma Angkatan 2012-2014.Skrpsi : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharma Yogyakarta.

Chalimi, Muchammad Kahfi. 2017. Implementasi Teknik Behavior Contract Untuk memotivasi siswa dalam Penyelesaian Pekerjaan Rumah (PR) Di Madrasah Tsanawiah Negeri (MTSN) Pilangkenceng Madiun.Jurnal Pendidikan Islam. Vol 7 (1). Hal 82-89.

Fikri, Afdhalul. 2021. Penerapan Teknik Kontrak Perilaku Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa di SMA Negeri 11 Sidrap. Skripsi : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Hanafi, Arif. 2017. Pelaksanaan Konseling Individu Dengan Menggunakan Teknik Behavior Contract Untuk Mengurangi Perilaku Membolos di Kelas VIII SMP Negeri 9 bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018.Skripsi. Lampung : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ibrahim, Andi, dkk. 2018. Metodogi Penelitian. Makassar : Gunadarma Ilmu.

Jesila, Resi. 2021. Pelakanaan Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Peserta Dididk di SMP Wiyamata Bandar Lampung. Skripsi. Lampung : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Raden Intan Lampung.

Komalasari, Gantina,dkk. 2016. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta : PT. Indeks.

Kusuma, L, W, A. 2010. Kecenderungan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.

Latipun. 2015. Psikologi Konseling. Malang : UMM Press

Mahardika, Nur. 2020. Mereduksi Disfungsional Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavior Contrcat.Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan. Vol 3 (1). Hal 15-22.

Malichah, A. 2016. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavior Contract Terhadap Pengurangan Perilaku Membolos Siswa Kelas XII SMK Negeri 4 semarang Tahun Ajaran 2016/2017.Skripsi. Semarang : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Musfirah, AR, N. H. & Latif, S. 2022. Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Program Studi PGSD di Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. Vol 3 (2). Hal 55-61.

Muyana, S. 2018. Prokrastinasi Akademik Dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling.Counsellia : Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 8 (1). Hal 45-52.

Nabila, A. P. 2019. Penggunaan Pendekatan Behavioristik Dengan Teknik Cinema Therapy Untuk mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI di SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Skripsi. Medan : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Nasution, H. S. & Abdillah. 2019. Bimbingan Konseling “Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan : LPPPI.

Ningsih, D. K., Hambali, IM., Rahman, D. E. 2021. Keefektifan Teknik Behavior Contract Dalam Bingkai Konseling Kelompok Behavioral Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Efektor. Vol 8 (2). Hal 176-183.

Pandang, A& Anas, M. 2019. Penelitian Eksperimen Dalam Bimbingan Konseling “Konsep Dasar & Aplikasinya Tahap Demi Tahap”. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Purnama, A. S., Musridi,A., & Trisnawati,K.A. 2019. Behavioral Counseling Effectiveness Behavior Contract Technique to Decrease Behavior Academic Procrastination of Students.International Journal for Educational Dan Vocational Studies. Vol 1 (7). Hal 760-764.

Puspitaningtyas, Z &Agung W. K. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Pandiva Buku.

Penata, G, S, E. 2020. Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.

Rahman, D. H. 2019. Model Hubungan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Penyelesaian Skripsi Dalam Perspektif Rational Emotive Behavior Therapy.Disertasi. Malang: Program Pascasarjana UM.

Rahmanisa. 2018. Konseling Behavior Dalam Menangani Prokrastinasi Akademik Siswa Man 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Sunan Kalijaga.

Rokhman, M. K., Sucipto, S. &Masturi, M. 2019. Mengatasi Prokrastinasi Akademik Melalui Konseling Behavioristik Dengan Teknik Behavior Contract.Jurnal Prakarsa Paedagogia. Vol 2 (1). Hal 1-10.

Rusmana, Nandang. 2019. Bimbingan Dan Konseling Kelompok di Sekolah: Metode, Teknik, Dan Aplikasi. Bandung : UPI Press.

Saman, Abdul. 2017. Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan). Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling. Vol 3 (2). Hal 55-62.

Saman, A., & Wirawan, H. 2019. Pengaruh Psychological Capital Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa: Studi Prokrastinasi di Perguruan Tinggi. Indonesian Journal Of Educational Studies (IJES). Vol (22) (2). Hal 102-111.

Sandiana. 2018. Penerapan Teknik Behaviorr Kontrak Untuk Mengurangi Perilaku Kecanduan Gadget Terhadap Siswa di SMA Negeri 1 bantaeng. Skripsi. Makassar : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Sari, E. P., Hartati, S. Agungbudiprabowo, & Siswanti, R. 2022. Teknik-Teknik Bimbimbingan dan Konseling Dalam Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol (6) (2). Hal 11896-11905.

Sari, Suci Lia & Rika Devianti. 2020. Hubungan Aktivitas Mengikuti Layanan Konseling Kelompok Dengan Kepercayaan Diri Mahasiswa PIAUD STAI Auliurrasyidin Tembilan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 3 (1). Hal 55-66

Siregar, Syofian, 2016. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2010. Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Bandung : Alfabeta.

Sukma, Dina. 2018. Concept and Appplication Group Guidance and Group Counseling Base On Prayitno’s Paradigms. Jurnal Konselor. Vol 7 (2). Hal 49-54.

Surya, Nursiwan Pratama. 2018. Pengaruh Konseling Behavior Contract Untuk Mengurangi Perilaku Kecanduan Media Sosial Pada Peserta Didik Kelas X SMK PGR 4 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri raden Intan Lampung.

Tiwi, Risa Dhona. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Prokrastinasi Akademik Antara Peserta Didik Pria Dan Wanita Di MAN 1 Metro Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri raden Intan

Wahyuni, S. 2016. Peningkatan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Melalui Teknik Kontrak Perilaku Pada Anak Kelompok B di TK Aba Pakis Dlingo. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)