The Relationship Between Democratic Parenting, Learning Motivation with Learning Outcomes of Elementary School Students
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adipriyadi, A., & Sudarto, S. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Pengembangan Potensi Diri dan Karakter Anak Usia Dini. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26-38.
Amalia, T. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gugus HM. Sarbini Kabupaten Kebumen. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86.
Budang, P., dkk. (2017). Korelasi Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(2), 349-356
Dewi, K. O. R., dkk. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKN Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 50-60.
Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Education FKIP UNMA, 7(1), 104-110.
Fitri, M., Neviyarni, & Ifdil. (2016). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 2(2), 84-92.
Haling, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.
Handayani, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 15-26.
Hisby, M., & Kosasih, E. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Pkn Siswa SD Negeri 2 Caracas. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 26-35.
Kholifah, N., Supriyadi, & Suwarjo. (2019). Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Pola Asuh Orang Tua, Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 1(1), 74-87.
Kusumawardani, C. T., & Fauziah, P. (2021). Pola Asuh Orangtua Tenatara Nasional Indonesia Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1024-1034.
Lathifah, Z. K., & Yusniar E. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Tarikolot 06 Bogor. UNES Journal of Education Scienties, 1(1), 107-115.
Maolani, R. A., & Cahyana U. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Marisa, I. M., & Nurdin. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Remaja. Jurnal Konseling dan Bimbingan, 6(1), 25-32.
Masni, H. (2017). Peran Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Univeristas Batanghari, 17(1), 69-81.
Maswin, I., & Nurdin. (2020). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 24-30.
Maulana, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar di MTs Sunan Pandaran Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.
Prihastanti, T. A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok melalui Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 217-223.
Rizqi, A., & Sumantri, M. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 145-154.
Sari, N. L. C., Sudarman, K., & Japa, G. N. (2021). Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Berhubungan Erat Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 442-449.
Septiani, F. D., dkk. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Education FKIP UNMA, 7(3), 1104-1111.
Sunarsi, D. (2018). Pengaruh Disiplin, Motivasi, dan Kompetensi Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Tahun Akademik 2016-2017). Jurnal Mandiri, 1(2), 207–226.
Article Metrics
Abstract view : 41 times | PDF view : 12 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)