Improving the Ability to Recognize the Parts of Plants Through Learning Methods Outside the Classroom for Mentally Disabled Children
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
American Psychiatric Association. (2003). Diagnostic And Statistical Manual Of Medial Disorder Edition “DSM-5” American Psychiatric Publishing.
American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Medial Disorder Edition “DSM-S.” American Psychiatric Publishing.
American Association On Intellectual And Developmental Disabilities (AAIDD). https://www.aaidd.org/intellectual-disability/definition
Cahyana, ucu. Rukaesih A. 2015. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT Raja grafindo.
Carr, A., Linehan, C., O’Reilly, G, Walsh, P. N, & McEvoy, J. (Eds). (2016). The hanbook of intellectual disability and clinical psycho;ogy practice. Routledge.
Desiningrum, D.R. (2017). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus.
Harefa, Darmawan. Murnihati S. 2020. Teori Ilmu Pengetahuan Alam Pada Anak Usia Dini. Banyumas: PM Publisher.
Hisbullah, Nurhayati. 2018. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makassar: PenerbitAksaraTimur
Pratama, Medya. 2019. Perapan Model Pembelajaran Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Pengenalan Tumbuhan dan Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan Pada Anak Tunagrahita Ringan. Surabaya: UniversitasNegeri Surabaya.
Purba, Anita. DKK. 2021. Pengajar Profesional Teori dan Konsep. Yayasan Kita Menulis
Rustam, suparjo. Apik Budi. Penerapan Outdoor Study Pada Pembelajaran Geografi Kelas X IPS MA Al Bidayah (Hlm. 73) KecBandunganKab Semarang.
Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Rusdiana. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Team Games Tournament (TGT) SDN 2 Balerejo Batanghari Lampung Timur. Lampung timur: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Sudjana, N. 2006.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Somantri, Sutjihati. 2012. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama.
Sugiantari, Putu Ema. 2016. Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Learning) Sebagai Upaya Peningkatan Dan Optimalisasi Daya serap Siswa Sekolah Inklusi Dalam Pembelajaran Sains di SDN 2 Bangkala KAB Buleleng Provinsi Bali. Bali: SLB C Singaraja.
Rosyid ,Syaiful. Dkk. 2019. Outdoor learning Belajar Diluar Kelas. Malang: Literasi Nusantara.
Rosnawati,ati, Kemis. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Bandung: PT Luxima metori media.
Vera, Adelia. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Jogjakarta : DIVA Press.
Widiasworo, Erwin. 2016. Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Wahyudi, Yohanes Sigit. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran IPA SD Materi Bagian Luar Tumbuhan dan Fungsinya Berbasis Metode Mentossori. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yokyakarta.
Article Metrics
Abstract view : 27 times | PDF view : 268 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)