The Effect of a Scientific Approach on High School Students' Learning Achievement in Economic Subjects in Selayar Regency
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmad.S (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII regular di MTS Negeri 1 Blitar. (tidak diterbitkan)
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Sebagai Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Dariyo, A 2014. Dasar-dasar Pedagogi Modern. Jakarta: PT. Indeks
Ghozali, Imam. 2017. Pendekatan Scientifik Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(01):1-13
Hasan, H. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Maros. (tidak diterbitkan)
Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga. Jakarta: Rajawali.
Hosnan. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: UPI.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013). Bogor: Ghalia Indonesia.
Musfiqon & Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Lastian Dwi Hastuti (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Jurugentong. (tidak diterbitkan)
Pahrudin, A. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 & Dampaknya Terhadap Kualitas Proses Dan Hasil Pembelajaran. Lampung: Pustaka Ali Imron.
Resi Yulia Safitri (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas XI SMKN 1 Ampek Angkek. (tidak diterbitkan)
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran:Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rusman. (2016). Pembelajarn Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilain, Jakarta: Rajawali Pers.
Saefullah. (2012). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual & Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinka Cipta.
Stoltz. (2007). Adversitas Quontient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2014). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali.
Syarifah, ST. (2007). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Sain Siswa Kelas V SD Inpres Paccinongan Kabupaten Gowa. (tidak diterbitkan)
Syah, M. M. (2011). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bab II pasal 3
Article Metrics
Abstract view : 39 times | PDF view : 64 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)