The Effect of the Team Games Tournament (TGT) Learning Model on the Learning Motivation of Fourth Grade Elementary School Students in Maros Regency
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aprianty, Helvy. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa Di Mas Darul Ihsan Aceh Besar. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri AR-Raniry Darussalam.
Ardiansyah, Fendi Eka & Hartoto, Setyo. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Renang Gaya Bebas (Studi pada siswa kelas Xi Sma Negeri 1 Wonoayu-Sidoarjo). Jurnal Olahraga dan Kesehatan, Vol 06 No 1, 55-59.
Daryanto. & Rahardjo, Muljo. (2018). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Grava Media.
Edy Sispariyanto. Stefanus C Relmasira, A. T. (2019). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Discovery Learning Di Kelas IV SD. Jurnal Cakrawala Pendas Media Publikasi pada Bidang Pendidikan Dasar, Vol 5 No 2, 87-93.
Gunawan, Imam (2019). Menejemen kelas teori dan aplikasinya 2019. Depok :Kharisma Putra Utama Offset.
Herianto. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Koopeartif Inside Outside Circle (Ioc) Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas III Sdn Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Purba, Nurmaida. (2018). Peningkatan Motivasi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Dengan Menggunakan Metode Teams Games Tournament Di Kelas IV Sd Negeri 060829 Medan Amplas. Elementery School Journal, Vol 8 No 2, 32-40.
Ramadhon, Raka dkk. (2017). Pengaruh Beasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahsiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Profit Jurnal, Vol 4 No 2, 203-213.
Rusman. (2015). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Persada.
Sani, Ridwan Abdullah. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman. (2016). Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Shoimin, Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Subini, Nini. (2016).Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Yogyakarta: Javalitera.
UNM. (2020). Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Universsitas Negeri Makassar.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, Muhammad Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktek Ditingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.
Suprijono, Agus. (2017). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakata: Pustaka Pelajar
Taniredja, Tukiran dkk. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2019). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Widiasworo, E. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Article Metrics
Abstract view : 101 times | PDF view : 15 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)