The Influence of School Library Facilities on Reading Interests of Elementary School Students in Makassar City
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, Y, F. 2017. Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sdn Ngluyu Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk Tahun 2016/2017. Simki- Pedagogia, 1,1-7.
Aswar. 2012. Metode Penelitian. Yokyakarta : Pustaka Belajar.
Bafadal, I. (2008). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Bafadal, Ibrahim. 2011. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmono.(2007). Perpustakaan Sekolah Pendekatan Aspek Manajemen Dan Tata Kerja. Jakarta : Grasindo
Fitria.2018. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Oleh Siswa Di Sekolah Dasarnegeri Solo Yokyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar . 5. 1-11.29 Februari 2020. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/indekx.php/pgsd/article/viewfile/10669
Fitriyah, H & Fatmasari K, R. (2018). Keterampilan Membaca. Madura : STKIP PGRIBangkalan
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta : Raja Grafindo
Persada Hernowo. (2003). Quantum Reading. Bandung : Mizan
Hurlock. (1980). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga
Hartono. 2016. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yokyakarta : Ar-Ruzz Media.
Kasiyun,S.(2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia.1. No.1. 29 Februari 2020.https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/140/61
Moenir. 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mu’inah. 2017 Pengaruh Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik Di Man Polman Kec.Mappili Kab. Polawali Mandar. Skripsi.
Nurbiyanti, Enny. 2017. Pengaruh Fasilitas Perustakawan Terhadap Minat Baca SMK Negeri 2 Blora. Under Graduates Thesis, Universitas Negeri Semarang.
Nurdin. 2004. Menulis Artikel Itu Gampang. Semarang : Elfikar.
Prasetyo, D. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini.
Jokjakarta : Think.
Prastowo, A. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional.
Yokyakarta: Diva Press
Rahim, F. 2005.Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.
Republika. (2016 ). Duh, Minat Baca Indonesia Di Urutan 60 Dari 61 Negara. Diakses 15 Februari 2020. http://m.republika.co-id/berita/dpd- ri/berita- dpd/16/04/29/o6dnuz368-duh-minat-baca-indonesia-di-urutan- 60-dari-61-negara.
Siregar.(2014) Statistik Parametrik Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Saleh, A,R. 2011. Percikan Pemikiran : Dibidang Kepustakawanan. Jakarta: Sagung Seto.
Shaleh, I, A. (2006). Penyelenggaraan Perputakaan Sekolah. Jakarta: PT. Hidakarya Agung
Sandjaja, S. 2005. Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau Dari Pendekatan Stres Lingkungan. Psikodemensia Kajian Ilmiah Psikologi. 2. 17-25.
Sugiyono. 2012. Statistika Penelitian. Bandung : Alfabeta CV.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suhendar, Y & Yusuf, M, P. 2013. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Grub.
Suherman. (2013). Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah. Jakarta: Katalog Dalam Terbitan.
Taringan, H,G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung :Aksara.
Sutarno,NS. 2006. Manjemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : CV. Sagung Seto.
UUD No. 20 Tahun 2016 Pasal 12 Ayat 1b Tentang Pendidikan Nasional.
UUD No. 43.Tahun 2007 Pasal 3 Tentang Perpustakkaan.
Yusuf, Pawit & Suhendar, Yaya. 2005. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta : Kencana.
Wakijo & Sari, N.(2017). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dan Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas VII Semester Genap Smp Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. 1. 115-Journal of Teaching and Learning Physics, 5 (1), 28-34.Validasi Bahan Ajar Fisika Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Menin
Article Metrics
Abstract view : 66 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)