The Effect of Applying the Role Playing Learning Model on the Speaking Skills of Fourth Grade Elementary School Students in Makassar City
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aufa, et al. 2020. Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Visualisasi Poster Sederhana : Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 1, No 2.
Baeti N.S, & Sukarno, R. W. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Student
Facilitator and Explaining Untuk Terhadap Keterampilan Berbicara.
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), Vol 4, No 5.
Deliyana & Fitriani. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sd Negeri Sukasari Ii Kabupaten Tangerang: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 8, No 1.
Dharmawan, et al. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V : e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2, No 1.
Fitriani, et al. 2019. Pengaruh Model Bermain Peran ( Role Playing ) Terhadap Keterampilan berbicara Siswa Kelas V : Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. Vol 3.
Gunawan, R. 2019. Pentingnya Pembelajaran Bahasa Indonesia. Erapublik.com
Hikmah, S. N. 2021. Problematika Pencapaian Kompetensi Keterampilan Berbicara Siswadalam Pembelajaran Bahasa Indonesia : Jurnal Peneroka. Vol. 1. No 1.
Ilham., & Wijiati,A. 2020. Keterampilan Berbicara. Pasuruan: Lembaga Academic& Research institute.
Lutfiah, Q. 2008. Pentingnya Keteramoilan Berbicara bagi Kehidupan sehari-hari. Academia.edu.
Sari, R.K. 2020. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat SD : Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 2 No 1.
Putri, D. 2018. Penerapan Metode Game “Bisik Berantai” dalam Terhadap Keterampilan Menyimak pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Basic Education, 1(2), 215–219. https://ejurnal. stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/209
RI, P. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang, 18, 19–28.
Semiun, Y. 2020. Teori-teori Kepribadian Behavioristik. PT. Kanisius.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D (p. 456). Alfabeta Bandung.
Permana, E.P. 2015. Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki Untuk Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar : Profesi Pendidikan Dasar. Vol. 2, No. 2,
Pujiasih, E. 2020. Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
Wardana, Et Al. 2014. Pengaruh Model Pebelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Gugus Ii Kecamatan Karangasem : e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2, No 1.
Widiantara, et al. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Keterampilan Berbicara Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Desa Penglatan : Jurnal PGSD Ganesha.
Article Metrics
Abstract view : 44 times | PDF view : 467 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)