The Influence of the Group Investigation (GI) Learning Model on Cooperation Attitudes in Thematic Learning in Elementary School Students
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Depdikbud. (2003) .Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Djoko Apriono, (2010) Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (Jakarta: Bumi Aksara, 2010), h. 51.
Hasranto, H. (2012). Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physic Education Journal. 1(1): 1-7.
Harsanto. (2013). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. (2017). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta
Kurikulum (2013), Permen pendidikan dan kebudayaan RI no.54 tahun 2013, tentang standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah.
M.Yudha, (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana
Misbahuddin.(2014).Analisis Data Penelitian Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Muharram, ddk.(2018). Buku Panduan Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Negeri Makassar.Makassar: Badan Penerbit UNM.
Prilanita, A. (2017). Landasan Kependidikan: Toeri dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama
Purwaningsih, E. (2017.). Penerapan metode Firing Line dapat meningkatkan kerjasama siswa kelas VIII D dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Depok. 7–26.Rifai, A. & Anni, C.T. 2017. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rifai, H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rodiah,A. (2017). Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Riset dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Rusman, (2012) . Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi Kedua, (Jakarta: Grafindo, CetakanKelima, 2012), h. 133.
Rusman. (2013). BELAJAR dan PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF. In Bandung: Alfabeta
Santyasa, I Wayan. (2017). Keunggulan Komparatif Model Perubahan Konseptual Dan Investigasi Kelompok Dalam Pencapaian Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Fisika Bagi SIswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Undiksha. 3(1): 1-14
Slameto. (2014). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Slavin, R.E. (2012). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Sudrajat, N. (2016). Model pembelajaran grup investigation .Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Alfabeta.
Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugestiningsih, (2018). Sikap Kerjasama dan factor-faktor kerjasama. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Undiksha
Article Metrics
Abstract view : 60 times | PDF view : 70 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)