The Influence of the Application of Numbered Head Together (NHT) Cooperative Learning Model to Improve Cooperation Attitude of Elementary School Students in Makassar City
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Astuti, N. M. A. (2017). Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Pada Kelompok a1 Tk Madukismo. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1).
Depdiknas. 2003.Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Elfanany.(2013). Guru Sejati Idola Jurus Sukses Menjadi Guru Kreatif Inspiratif yang Dicintai dan Dikenang Sepanjang Masa. Yogyakarta: Araska
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.
Huda, Miftahul. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Huda, M. (2017). Model-model Pengajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Isjoni. (2012). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta
Jusmawati, Satriawati, Irman, Rahman, A., & Arsyad, N. (2021). Model-Model Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar. In Makassar (1st ed.) : Samudra Biru.
Kawung Inten, D., Hermawan, R., & Kurniasih, K. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe (Numbered Head Together) Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja sama Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3).
Khoiri, N. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan ( Ragam, Model, dan Pendekatan). In Prosedur Penelitian :Southeast Asian Publishing.
Lestari, R. (2020). Penerapan Strategi Scramble untuk Mneingkatkan Kemampuan Kerja sama Siswa Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekan Baru. 3, 103–111.
Mahmuda, M. Z., Djumhana, N., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Tipe NHT Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(III).
Misbahuddin.(2014).Analisis Data Penelitian Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Muharram, dkk. (2020). Buku Panduan Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Makassar: Badan Penerbit UNM
Nurfadilah, I., Djumhana, N., & Saefudin, A. (2019). PENERAPAN NHT UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, III.
Puji, A. S. (2017). Keefektifan Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Penguasaan Materi Keterampilan Memecahkan Masalah Dan Sikap Kerja sama Peserta Didik SMA.
Purwaningsih, E. (n.d.). Penerapan metode Firing Line dapat meningkatkan kerja sama siswa kelas VIII D dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Depok. 7–26.
Rahmawati, N. K. (2017). Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 121
Rusman. (2013). BELAJAR dan PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF. In Bandung: Alfabeta.
Rusman.(2012). Model-model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Siti, R. (2017). Penggunaan Model PembelajaranInkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran IPA Materi Terbimbing Untuk meningkatkan Sikap Kerja sama Siswa Kelas V SD N 1 Karangwabang.
Sri, H. (2017). BELAJAR dan PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF. In Magelang: Graha Cendekia.
Sugestiningsih, R., & Sudrajat, A. (2018). Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan NHT untuk peningkatan karakter dalam pembelajaran IPS. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1), 104–115.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung :Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). In Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN (KUANTITATIF,KUALITATIF, DAN R& D). Alfabeta Bandung.
Suprijono, Agus. (2020). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sutirna & Samsudin, A. (2015). Landasan Kependidikan: Toeri dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama
Suwartono. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. In Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Syah, Muhibbin. (2016). Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada
Taniredja,T., Faridli, E.M & Harmianto, S. (2020). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta CV
Tim Dosen. (2015). Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. UPI Sumedang Press.
TRIANA, W. (2018). Meningkatkan Kerja sama Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Tema Sehat Itu Penting Kelas V SD Negeri 55/I Sridadi. Jurnal Wahana Pendidikan, 6(2).
Tyaswati. (2020). Meningkatkan Keterampilan Kerja sama Siswa Pada Tema Pengalamanku Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT). Jurnal Ilmiah Wahana. 5(4), 33–46.
Wajdi, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together ( NHT ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Kelas Xi Sman 2 Parepare. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2).
Widhi, K. A., & Puspitaningtyas. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Pandiva Buku.
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian ( Kuantitatif, Kualitatif, dan Gabungan) (4th ed.). Kencana.
Zainiyati, H.S.(2012). Model dan Strategi Pembelajaran Aktif: Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Surabaya. CV Putra Media Nusantara
Zativalen, & Hasanah, S. (2016). PENGARUH METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN DINOYO 2 KOTA MALANG. Jurnal Pendidikan, 1(2000), 855–860
Article Metrics
Abstract view : 56 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)