Application of Guided Note Taking Method to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students in Takalar District
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmad. 2020. Pengaruh Penilaian Kelas dan Model Pembelajaran Terpadu Terhadap Hasil Belajar IPS. Serang: Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.
Anggito, A., & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif.
Arikunto, S., Suharjono, & Supardi. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Gratika.
Dahlia, Etik. 2018. Penerapan Metode Guided Note Taking (Membuat Catatan Terbimbing) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Febriana, E, dkk. 2020. Guided Note Taking Based on Students Worksheet Effect Towards Students Learning Outcome AICMSTE 2019 IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1460 (2020): 1-5.
Gharravi, A.M. 2018. Impact of Instructor – Provided Notes on The Learning and Exam Performance of Medical Students in an Organ System – Based Medical Curriculum. Adv Med Educ Pract, 9: 665 – 672.
Makarim, Nadien Anwar. 2022. Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi. Jakarta: Permendikbudristek.
Nugrahani, F. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra Books.
Prastowo, A. 2018. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Ridwan, 2014. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Russefendi, E.T. 2016. Dasar – dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang non-eksakta Lainnya. Bandung: PT. Tarsito Bandung.
Sanjaya, Wina. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Silberman, M.L. 2012. Cooperative Learning; Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Silberman, Malvin L. 2013. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Celndelia.
Slameto, 2013. Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suciati, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Operasi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V SDN 9 Mattekko Kota Palopo. Palopo: STAIN Palopo.
Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, S. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Insan Madani.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM edisi revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Swari, W.D dan Tang, B.Y. 2018. Pengembangan Handout Interaktif Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Listrik. Jurnal Pendidikan Fisika.
Trianton, Aris, 2017. Pemahaman Konsep dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 71 times | PDF view : 23 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)