The Influence of the Application of Problem Based Learning Models in Mathematics Learning on the Confidence Attitude of Elementary School Students in Makassar City
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anthony R. 1992. Rahasia Membangun Kepercayaan Diri. Diterjemahkan oleh Rita Wahyudi. Jakarta : Bina Rupa Aksara.
Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Desra, NH., et al. 2018. Uji Validtas dan Uji Praktikalitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Problem Based Learning pada Materi Segiempat. Journal for Research in Mathematics Learning Vol 5, (2) 147-156
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2016. Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Gray, J. 2006. Children are from Heaven. Jakarta: Gramedia
Isroila, Afida., et al. 2018. Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Natural Science Education Research Vol 1, (1), 1-8
Kusnandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Musfira, 2019. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Siswa Kelas V SD Rappocini Kelurahan Rappocini Kota Makassar. 20 Juni 2019. Universitas Negeri Makassar, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22906
Muslich, M. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Purnomosidi, et al. 2018. Senang Belajar Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemendikbud.
Sriwilujeng, Dyah. 2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi.
Sudirman. 2015. Studi Proses Pembelajaran Matematika Di Tengah Pandemi Coronavirus Disease 2019 Di SMP Negeri 8 Palopo. 23 Februari 2021. Institut Agama Islam Negeri Palopo, Program Studi Tadris Matematika. http://repository.iainpalopo.ac.id/
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suherman, et al. 1992. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sumantri, M. Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sumarni. 2017. Problem Based Learning untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 08 Marunggi Kota Pariaman. Jurnal Educatio, Vol 3 (1), 10-18.
Suriansyah, Ahmad., et al. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Thantawy, R. 2008. Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Grasindo.
Triatno. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.
Widiasworo, E. 2017. Strategi dan Mentode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yus, Anita. 2015. Pembelajaran Matematika Untuk Anak Usia Dini. Medan: PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan.
Article Metrics
Abstract view : 61 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)