Improving Early Reading Literacy Skills Through Flash Card Media for Elementary School Students
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Abarca, R. M. (2021). Upaya Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Pakis Kecamatan Kradenan Tahun Pelajaran 2017/2018. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i2.2771
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682
Dalman. (2013). KETERAMPILAN MEMBACA (1st ed.). JAKARTA: PT RajaGrafindo Persada.
Febrianto, K., Yustitia, V., & Irianto, A. (2020). Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran dengan Menggunakan Media Flash Card di Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 92–98. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2273
Indot. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas 1 dengan Menggunakan Media Flash Card SD Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir Kabuaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(5), 666–673.
Kadang, E. (2020). Kajian Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Makassar: Garis Khatulistiwa.
Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36–42. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.301
Marmini, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mengenal Kosa Kata Dan Ungkapan Perkenalan Diri Melalui Penggunaan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 8 Mendawai. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 49–54. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i1.1335
Maryanto, R. I. P., & Wulanata, I. A. (2018). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Abc Manado. Pedagogia, 16(3), 305. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.12073
Maulidah, T. (2020). Pemanfaatan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Membaca Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 25–32. https://doi.org/https://doi.org/10.37850/ibtida’.v1i1.108
Muhith, A., Agustina, U. W., Bahtiar, Y., & Afidah, N. (2020). The development of interactive magic card (IMC) based on flash card. Journal of Research on English and Language Learning (J-REaLL), 1(1), 17. https://doi.org/10.33474/j-reall.v1i1.4904
Nawafilaty, T. (2018). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A. JCE (Journal of Childhood Education), 1(1), 21–32. https://doi.org/10.30736/jce.v1i1.3
Nurlaela, N. (2018). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan. Jurnal Petik, 4(2), 134–139. https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i2.362
Pagarra, H., Bundu, P., Irfan, M., Hartoto, & Raihan, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes Dan Penugasan Online. Publikasi Pendidikan, 10, 260–265. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/index.php/%0Ahttp://103.76.50.195/pubpend/article/view/16069
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587
Pribadi, B. A. (2019). BUKU MEDIA PEMBELAJARAN.pdf. JAKARTA: PRENADAMEDIA GROUP.
Raihan, S. (2021). Implementasi Workshop Blended Learning Menggunakan E-Book Lesson Plan Berbasis Hypercontent Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Publikasi Pendidikan, 11(1), 57. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.19075
Sunarti, S. (2018). Upaya Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Pakis Kecamatan Kradenan Tahun Pelajaran 2017/2018. Efektor, 5(1), 61. https://doi.org/10.29407/e.v5i1.11945
Susanti, P. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sd Negeri 10 Palangka Melalui Media Kartu Huruf. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(2), 17–22. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i2.2771
Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734
Article Metrics
Abstract view : 160 times | PDF view : 39 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)