The Effect of Applying the Make A Match Learning Model on the Questioning Skills of Elementary School Students in Makassar City
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44.
Azis, A. (2018). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(1), 57-64.
Cahyani, P. A. H. I., Nurjaya, I. G., & Sriasih, S. A. P. (2016). Analisis keterampilan bertanya guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas X TAV 1 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).
Depdiknas. 2003.Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama. Bandung
Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63-68.
Hidayah, N. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.
Indriyanti, I., Mulyasari, E., & Sudarya, Y. (2017). Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 13-25
Kartiani, B. S., & Garnika, E. (2018). Pengembangan Model Make A Match Untuk Membangun Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(2), 216-222.
Kurniasih, Imas. & Sani, Berlin. (2014). Teknik dan Cara Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kata Pena.
Mardianto, M. (2012). Pendidikan inspiratif.
Muharram, ddk.(2020). Buku Panduan Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Negeri Makassar.Makassar: Badan Penerbit UNM.
Nurohma, dkk. 2018. Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Macth Dengan Media Kartu Qa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Smp. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2(1)ISSN 2598-9669
Putri, B. M. A., Mudzanatun, M., & Putri, A. D. S. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Keterampilan Dasar Mengajar Pada Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 136-143.
Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22-30.
Ririantika, R., Usman, M., Aswadi, A., & Sakkir, G. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE “MAKE A MATCH” TERHADAP HASIL BELAJARBAHASA INDONESIA. Cakrawala Indonesia, 5(1), 1-6.
Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi Kedua, (Jakarta: Grafindo, CetakanKelima, 2012), h. 133.
Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, h.223.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode penelitian pendidikan.Bandung : ALFABETA
Suherman, A. (2014). Implementasi kurikulum baru tahun 2013 mata pelajaran pendidikan jasmani (studi deskriptif kualitatif pada SDN Cilengkrang). Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 71-76.
Sundari, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 227-234.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana
Triyanto, Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (Jakarta: Bumi Aksara, 2010), h. 51.
Article Metrics
Abstract view : 67 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)