Application of Make A Match Type Cooperative Learning Model to Improve Process and Learning Outcomes of Elementary School Students in Wajo District
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Albertus, Kristen, U., Wacana, S., Kurniati, B., Kristen, U., Wacana, S., Carollina, F., Kristen, U., Wacana, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2018). IPS SD Kelas IV. January, 117.
Arisnandar, Hakim, A., & Ilmi, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 170–184.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.
Fajar, Hasnah, & Syafruddin. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Xi. Jurnal Pendidik Indonesia, 1(1), 21–28.
Gunawan, Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193.
Hamisah, Maryati, Yulia, & Ahmad, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat di Kabupaten Pinrang. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 11–17.
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo Jl. Plosokuning V No. 73 Minomartani, Ngaglik, Sleman Yogyakarta.
Herawati. (2018). Memahami proses belajar anak. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IV, 27–48.
Iqbal. (2020). Pengelolaan Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ekonomi Syariah, 1(1), 8–21.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. In Nizmania Learning Center.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. In Standar Nasional Pendidikan.
Riyanti, N. N., & Abdullah, M. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal PGSD, 06, 440–450.
Riyanti, N. N., & Abdullah, M. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Ii Sd Negeri 025 Teluk Binjai Dumai Timur. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(3), 405.
Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan
Sirait, M., & Noer, P. A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal INPAFI, 1.
Sirajuddin Saleh. (2017). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. In Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan.
Sultan, M. A., Nurjannah, & Paurru, T. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, XX(XX, XXX), 1–8.
Sumarni, S. (2021). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penyesuaian Diri Dengan Lingkungan Pada Siswa. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 39–44
Tuken, R., & Kunci, K. (2016). Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing. Vi(Ktsp 2006).
Zahrah, Nurjannah, & Natriani, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Kabupaten Pinrang. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 122–135.
Article Metrics
Abstract view : 89 times | PDF view : 15 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)