Evaluation of the Implementation of the Talking stick Type Cooperative Model on the Speaking Skills of Elementary School Students in Gowa District
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Antara, I. N. P, Kristiantari, M. G. R., & Suadnyana, I. N. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Talking stick Berbantuan Rubrik Surat Kabar Terhadap Keterampilan Berbicara. International Journal of Elementary Education, 3(4), 423. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21315
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Eva, K. 2020. Kajian Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Makassar: Garis Khatulistiwa.
Fathurrohman, M. 2017. Model-Model Pembeljaran Inovatif. Jogyakarta: AR-Ruzz Media.
Larosa, A. S., & Iskandar, R. 2021. Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Pantun di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3723–3737. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1207
Muhammad, F. 2019. Dasar-Dasar Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Makassar: Garis Khatulistiwa.
Nilayanti.P.M, Suastra.W.I, & Gunamantha.M.I. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Talking stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 34–35.
Nurmaulidayah, M. Dalle. A., Fathimah. S.2019. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam keterampilan berbicara bahasa jerman siswa kelas xi sma negeri 2 majene. 1–18.
Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. 2019. Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 2(2), 190–200.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi.
Rumiati. 2021. Model Talking Stick. Depok: PT. Nasya Expanding Management.
Salirawati, D. 2018. Smart Teaching Solusi Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Samsul .2014. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 1 Galumpang Melalui Metode Latihan. 4(8), 173–192.
Sari, I, R. 2017. Hubungan Penerapan Metode Talking stick dengan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Peserta Didik di Kelas V SDIT Wahdah Islamiyah 01 Kota Makassar. 1-75
Sauran, S. 2020. Penerapan model talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV.
Sintadewi, N. G. A, Sriasih S. A. P, & Sudiana I. N .2017. Teknik Penilaian Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 4 Denpasar Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. 1–12.
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatid dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumatri, M. S. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.
Susanti, E. 2020. Keterampilan Berbicara. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Article Metrics
Abstract view : 57 times | PDF view : 59 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)