The Effect of the School Literacy Movement on Students' Reading Interest: A Case Study at the Lanraki 2 Elementary School in Makassar City
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin dkk. (2017). strategi meningkatan kemampuan literasi matematika, sains, membaca dan menulis. Bumi Aksara.
Afiatin, N. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, II(1), 1–9.
Ahmadi dan Supriyono. (2018). Psikologi Belajar. PT Rineka Cipta.
Ali Romdhoni. (2013). Al-Qur’an dan Literasi. Literatur Nusantara.
Arief, E. (2013). Melalui Kegiatan Membaca Intensif Siswa Kelas X Smk-Smak Padang. 201–208.
Arikontu S dan C. (2018). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Bumi aksara.
Arsani, N. K., Suarni, N. K., & Kusmaryatni, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV. E-Jounal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–12.
Aswinarko. (2012). Peranan Membaca Pemahaman Sebagai Sarana. Deiksis, 4(1), 64.
Azwar. (2012). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Cahyani, M. dan P. D. (2017). Efforts To Optimize Movement in Literacy for Regional Executive of Muhammadiyah.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Rajawali Pers.
Dalman. (2017). keterampilan membaca. PT Raja Grafindo Persada.
Fitriani, Y. (2018). Pengaruh Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Kelas Vi Sd Negeri 68 Palembang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 8(2), 32. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v8i2.2082
Hamalik. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Kasiyun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat baca siswa Sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa. (JPI).
Kemendikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, v+40.
Kementerian pendidikan, & Kebudayaan. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50.
Khairani. (2017). Psikologi Belajar. Aswara Presindo.
Nursalina. (2014). Educational Psychologhy Journal : Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Minat Membaca Pada Anak. Universitas Negeri Semarang.
Pamuji, D. S. (2019). Kemampuan Membaca Cepat Dengan Metode Skimming Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Merlung Tahun Ajaran 2016/2017. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Pangesti Wiedarti. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854
Prabowo, A. C. (2018). Implementasi Model Pembelajaran “ Wisata Lokal ” untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Perbaikan Motor Otomotif Di Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Pakem Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, 8–18. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3033
Richard Kern. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford University.
Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta.
Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156–160.
Sari, I. F. R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89–100. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.131
Selvi Parmadani, T., & Latifah, L. (2016). Economic Education Analysis Journal TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI Info Artikel. 5(2), 505–518. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Siregar, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Kencana.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sudarsana, U. (2014). Konsep Dasar Pembinaan Minat Baca. 1–49. http://repository.ut.ac.id/4222/1/PUST4421-M1.pdf
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Buku - Sugiyono. In Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, dan R & D (p. 407).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA,cv.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan(Kompetensi dan Praktiknya). Bumi Aksara.
Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Bumi Aksara.
Suryani. (2015). Komunikasi Terapeutik Teori & Praktik. Ed 2, ECG.
Susanti, D., & Santi, S. (2019). Pemanfaatan Taman Bacaan MAsyarakat (TBM) Dalam Meningkatkan Minat Baca Remaja (Studi Kasus di TBM Gunung Ilmu). Comm-Edu (Community Education Journal), 2(3), 220. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i3.2828
Sutrisna, I., Sriwulan, S., & Nugraha, V. (2019). Pengaruh Gerakan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Parole (Jurnal Penddikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(4), 527. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2878
Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 18–26.
Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–343. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Yunianika, I. T., & . S. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 507. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331
Article Metrics
Abstract view : 96 times | PDF view : 31 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)