Application Of The Problem Solving Learning Model In Increase Learning Outcome Of IPS Students Grade V SD In Regencysidenreng Rappang
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI SMKS Amsir 1 Parepare. Jurnal Pendidikan BUM, 4(1), 1112–1126.
Ahmadi, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita, 2(3), 106–115.
Hakim, A., Yulia, & Musfirah. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Bengembangkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik pada Tema 2 di Kelas V SDN 2 Massepe Kabupaten Sidenreng Rappang. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 14(6), 830–837.
Djabba, R., & Halik, A. (2019). Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. 9(229), 1–4.
Djamarah, S.B dan Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Renika Cipta.
Hasanah, N. (2021). Buku Pendamping Siswa Cerdas Ilmu Pengetahua Sosial. 200. Jakarta Timur : PT Bumi Aksara.
Ishak, A. M. F., Israwaty, I., & Halik, A. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Barru. Pinisi Journal Of Education, 1(1), 38–58.
Jauhar, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jikap PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(1), 141.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 68 th 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Permendikbud, 53(9), 1689–1699.
Manab Abdul (2015). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Yogyakarta.Kalimedia.
Muliawan. (2016) . 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Musfirah, Maryam, S., & Yunarsi, D. A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Meteri Perpindahan Kalor. Pinisi Journal Education, 1(1), 45–52.
Oktavia Wahyu Ariyani, & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Oktavia. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.
Pattaufi, & Hakim, A. (2020). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 728–733.
Ponidi, Dewi, N. A. K., Trisnawati, Puspita, D., Nagara, E. septia, Kristin, A., Puastusi, D., Andewi, W., Anggraeni, L., & Bernathita h.s. utami. (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif.
Rohani, P., Salman, & Septiana, Y. D. (2021). Model Pembelajaran Problem Solving. Al-Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 9.
Setiawan, Anggito, A., & Johan. (2018). metodologi penelitian kualitatif. 268. Sukabumi : CV Jejak.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Russ Media.
Subair, A., Lukman, & Shasliani. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDit Robbi Radhiyya Curup. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti Di Era Pandemi Covid-19, 1497–1508.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29
Sumarno. 2016. Pengaruh Balikan (Feedback) Guru dalam Pembelajaran terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik (Suatu Kajian Teoritis dan Empirik). Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 1 (2): 115-125.
Susanto, A. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta : Predanamedia Group.
Syahid, L., Djabba, R., & Mukhlisa, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Barru. Pinisi Journal Of Education, 1(2), 2189–2198.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2002 Tentang Pendidikan Tinggi.
Wahyudi, A. (2018). Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Paket A Setara SD/MI Kelas V Modul Tema 8 : Sejahtera Indonesiaku. 2018. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan Dan Kesetaraan-Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Article Metrics
Abstract view : 82 times | PDF view : 51 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)