Analisis Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus Sekolah Dasar di Kabupaten Barru

Andi Dahliani(1*), Muhammad Asrul Sultan(2), Nurul Mukhlisa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa di UPTD SDN 125 Kabupaten Barru di masa pandemi COVID-19. Subjek dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa kelas IV, V dan VI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yaitu dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa minat belajar siswa di UPTD SDN 125 Kabupaten Barru di masa pandemi COVID-19 berada dalam kategori sedang. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini adalah minat belajar siswa di masa pandemi COVID-19 berada pada kategori sedang dengan persentase 75,9%.

Kata Kunci: Analisis minat belajar, pembelajaran di masa pandemi,COVID-19.


Full Text:

PDF

References


Anand, J. (2020). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (Survey pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XII Tata Boga di SMKN 15 Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Bernard, M., & Sunaryo, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa MTs dalam Pembelajaran Matematika Materi Segitiga dengan Berbantuan Media Javascript Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 134–143. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.173

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351

Lestari, W., Kusumaningrum, S.,Batu, P. N. L., & Puspitasari, L. (2018). Pengaruh Persepsi Atas Kompetensi Dosen Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Pada Taruna Semester I Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta. Meteor STIP Marunda, 11(1), 19

Marwa, M., Munirah, M., Angriani, A. D., Suharti, S., Sriyanti, A., & Rosdiana, R. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas Iv Pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 215. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a10.2020

Moudy, J., & Syakurah, R. A. (2020). Pengetahuan terkait usaha pencegahan Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 4(3), 333–346.

Nurmalina, I. R., Fauziddin, M. P. M., & Pd, M. (2020). Journal On Teacher Education Research & Learning In Faculty Of Education Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Keywords : Interest In Learning , Role Playing Models . 2, 197–208.

Pendidikan, M., Kebudayaan, D., & Indonesia, R. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease(Covid-19). Surat Edaran Dari Kemetrian RI, 5(2020), 2013–2015.

Rachim, E. (2020). Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dengan Minat Belajar Siswa Mi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Krincing Secang Magelang Tahun 2020.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142


Article Metrics

Abstract view : 265 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)