Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Pinrang

Nurnila Mandira(1*), Muslimin Muslimin(2), Rasmi Djabba(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan pada penelitian ini yaitu, hasil belajar siswa kelas V UPT SDN 294 Pinrang yang belum mencapai standar ketuntasan belajar yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas, dengan tiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SDN 294 Pinrang sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Fokus penelitian meliputi fokus proses dan fokus hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang siklus air. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, proses belajar pada kategori cukup (C) dan hasil tes belajar kategori kurang (K). Sedangkan pada siklus II menunjukkan hasil penelitian pada proses pembelajaran kategori baik (B) dan pada hasil belajar dengan kategori baik (B). Dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tentang siklus air siswa kelas V UPT SDN 294 Pinrang.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pandemi COVID-19 hasil belajar, mind mapping, siklus air


Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Barokah, A. I. (2019). Pemanfaatan Kojasi Aksia dengan Wotos Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Siklus Air. Artikel History, 12–49.

Budiyanto, M. A. K. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Darmadi, H. (2015). Desain dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: ALVABETA.

Depertemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Renaka Cipta.

Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative learning. Graha Cendika.

Rohmawati, M. (2012). penggunaan education game untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (1): 75–81.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saidah. (2016). Pengantar Pendidikan Telaah Pendidikan Secara Global dan Nasional. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Sani, R. A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sugioyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Cv Alfabeta.

Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Syam, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Iv Sdn 54 Kota Parepare. 5(3): 184-197.

Widianti, S. (2014). Keefektifan Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Of Elementary Education, 3(2): 64–70.


Article Metrics

Abstract view : 152 times | PDF view : 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)