[RETRACTED] Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19 Pada Tingkat Sekolah Dasar

Rusmawati Ruslan(1*), Muhammad Asrul Sultan(2), Musfirah Musfirah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di SDN 273 Anabanua Kabupaten Wajo. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 273 Anabanua yang berjumlahkan 123 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV,V dan VI yang berjumlahkan 60 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket model Skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data yang diperoleh menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada masa pandemic COVID-19 berada pada kategori tinggi dengan persentase 55.00%.

Kata Kunci: 19 Motivasi Belajar, Pandemi COVID-19


References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah , Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam : Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Ayu, G. F. L., Koryati, D., & Jaenudin, R. (2019). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 16 Palembang. Jurnal Profit, 6(1), 69–79.

Darmawan, S. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah , Peran Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Penjas Sd Inpres Buttatianang I Makassar. Jurnal Muara Pendidikan 2, 3(2), 103–111.

Hamalik, oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublish Publisher.

Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19), (2020).

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan.

Siyoto S & Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.

Taiyeb, A Mushawwir & Mukhlisa, N. (2015). Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Tanete Rilau. Bionature, 16(1), 8–16.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 177–185.

Yusuf A Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan Penelitian Gabungan. PT Fajar Interpratama Mandiri.


Article Metrics

Abstract view : 176 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)