Analisis Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 Pada tingkat Sekolah Dasar

Rusda Riyani(1*), Muhammad Asrul Sultan(2), Hj Yulia(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di UPT SD Negeri 1 lawawoi Kabupaten Sidenreng Rappang. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa UPT SD Negeri  Lawawoi yang berjumlah 248 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, data yang diperoleh menunjukkan bahwa minat belajar siswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di UPT SD Negeri 1 lawawoi Kabupaten Sidenreng Rappang berada pada kategori sedang dengan 79,70.

 

Kata Kunci: Minat belajar, pembelajaran daring, pandemi COVID-19


Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan Solusi Dan Harapan:Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim Di SMP Kota Pekan Baru. Jurnal Al- Thariqah, 3(2), 61–73.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Halik, A., Israwaty., & Monalisa. (2019). Penerapan Metode Directed Reading Thingking Activity (DRTA) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(2), 125–131.

Hamdi, A.S., & Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Laras, S.A.,& Rifai, A. (2019). Laras, S.A.,& Rifai, A. Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di BBLK Semarang. Jurnal Unitirta, 4(2), 121–130.

Matrona. (2016). Upaya Meningkatkan Minat Belajar PKN Siswa Dengan Menggunakan Media Visiual Di Kelas 1 SD Negeri 59 KM Ngabang Kabupaten Landak. Jurnal Edukasi, 14(1), 83–93.

Nisa, A., & Renata, D. (2018). Analisis Minat Belajar Siswa Dan Imlikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling (E- Journal), 5(2), 119–130.

Putria, H., Maula, L.H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872.

Rahmawati, N. S., Bungsu, T. K., Islamiah, I. D., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Ma Al-Mubarok Melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Geogebra Pada Materi Statistika Dasar. Journal On Education, 01(03), 386–395.

Regianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjar Negara. Elementary School, 7(2), 297–302.

Ricardo., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. 2(2), 188–201.

Santika, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Daring Di Kelas Va SDN Lembursitu. 3(2), 224–232.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Suhery., Putra, T.J., & J. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meating Dan Goggle Classroom Pada Guru Di SDN 17 Mata Air Padangselatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 129–132.

Syardiansah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen ( Studi Kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II. Jurnal Manejmen Dan Keuangan. 5(1), 440–448.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.


Article Metrics

Abstract view : 640 times | PDF view : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)