Analisis Butir Soal Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar

Nurul Rezki Amalia(1*), Abdul Halik(2), Nurul Mukhlisa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan semester ganjil mata pelajaran matematika siswa UPTD SPF SDN sekelurahan Lalabata Rilau Kabupaten Soppeng. Subjek dalam penelitian ini adalah kisi-kisi soal, soal ulangan semester ganjil mata pelajaran matematika dan lembar jawaban siswa kelas IV, V, dan VI. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan mengumpulkan data berupa kisi-kisi soal, soal ulangan semester ganjil mata pelajaran matematika dan lembar jawaban siswa kelas IV, V, dan VI. Teknik analisis data yaitu dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, ditinjau dari validitas isi termasuk soal yang valid secara isi, ditinjau dari validitas kriteria termasuk soal yang valid secara kriteria, ditinjau dari reliabilitas secara keseluruhan telah reliabel, ditinjau dari tingkat kesukaran memiliki sebaran perbandingan tingkat kesukaran yang belum proporsional, ditinjau dari daya pembeda sebagian besar memiliki daya pembeda butir baik, dan ditinjau dari efektivitas pengecoh secara keseluruhan belum dapat dikatakan efektif karena sebagian besar soal yang digunakan pengecohnya belum efektif.

 

Kata Kunci: Analisis butir soal, validitas isi, validitas kriteria, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh


Full Text:

PDF

References


Agustin, N. (2019). Analisis Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Ditinjau dari Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda pada Kelas VIII Di SMP Islam Terpadu Bina Insani Metro. Institut Agama Islam Negeri, Metro.

Ali, S., & Khaeruddin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Citapustaka Media.

Darmawan, & Mansyur. (2015). ISBN : Prosiding Konferensi Ilmiah Tahunan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia UKD Sul-Sel. Makassar : HEPI UKD Sul-Sel.

Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. PT Remaja Rosdakarya.

Haryanto. (2020). Evaluasi pembelajaran (Konsep dan Manajemen). In UNY Press. Yogyakarta : UNY Press. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131656343/penelitian/EVALUASI PEMBELAJARAN.pdf

Hobri, Susanto, Syaifuddin, M., Maylistiyana, D. E., Hosnan, Cahyanti, A. E., & Syahrinawati, K. A. (2018). Senang Belajar Matematika. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Matondang, Z., Djulia, E., Sriadhi, & Simarmata, J. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Yayasan Kita Menulis.

Notodiputro, K. A. (2013). Kurikulum 2013. In Http://Kemdikbud.Go.Id/ (Issue Mei). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://kemdikbud.go.id/main/?lang=id

Nurhadi, & Suwardi. (2010). Evaluasi Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. Multi Kreasi Satudelapan.

Nuryadi, & Khuzaini, N. (2016). Evaluasi Hasil Dan Proses Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : PT Leutika Nouvalitera.

Passinggi, Y. S., & Zainal, Z. (2018). Pendidikan Matematika 1 : Bilangan, Faktor, dan Kelipatan Persekutuan. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Paturusi, A. (2018). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV SD 1 Negeri Banjarsari Kulon Kecamatan Sumbang Tahun Ajaran 2016/2017. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, Purwokerto.

Permendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. In Staia Press (Issue December). Purworejo : Staia Press. https://drive.google.com/file/d/1RBVxcqdLwX4a9f-Wrt-GHOXliN_wjDp-/view

Ratnawulan, & Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Pustaka Setia.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan, Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta : Deepublish.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish.

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran (Deepublish (ed.)).

Setiawan, D. F. (2018). Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran. Deepublish.

Soegiarto, E. (2018). Metodologi Penelitian dan Penulisan Ilmiah. Indocamp.

Syaifuddin, M., Susanto, Hobri, Maylistiyana, D. E., Hosnan, Cahyanti, A. E., & Syahrinawati, K. A. (2018). Senang Belajar Matematika. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran : Aspek yang Memengaruhi. PT Bumi Aksara.

Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Deepublish.

Widiyanto, J. (2018). Evaluasi Pembelajaran (Sesuai dengan Kurikulum 2013) : Konsep, Prinsip, & Prosedur. In Evaluasi Pembelajaran (Vol. 53, Issue 9). Madiun : UNIPMA Press.

Yusrizal. (2016). Tanya Jawab Seputar Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Syiah Kuala University Press.

Zainal, Z., & Maryam, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 79 Parepare. Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 2.


Article Metrics

Abstract view : 650 times | PDF view : 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)