Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Siti Zulaikha(1*), Yonathan S. Pasinggi(2), Nurjannah Nurjannah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah jenis ex-post facto yang dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar dan hasil belajar matematika serta adanya pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa UPT SD Negeri 042 Radda Kabupaten Luwu Utara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi belajar, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa UPT SD Negeri 042 Radda Kabupaten Luwu Utara berjumlah 311 orang, sedangkan sampelnya sebanyak 89 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan lembaran angket cetak, serta hasil belajar ulangan harian siswa yang diperoleh melalui guru kelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Linear Regresi Sederhana. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh hasil belajar matematika berada pada kategori tinggi, dengan rata-rata nilai siswa adalah 71,92. Hasil analisis data koefisien regresi linear sederhana diperoleh diketahui nilai t hitug =28,139 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti ada pengaruh yang nyata (signifikan) variabel X terhadap variabel Y.

 

Kata Kunci: Motivasi belajar, hasil belajar, matematika


Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: UNUSSULA Pres.

Agmila, H. A. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Motivasi dan Hambsil Belajar Peserta Didik MIN Jati Pandasari Ngunut Tulungagung dalam Belajar Matematika.

Asrul, Rusydi Ananda, R. (2015). EVALUASI PEMBELAJARAN. Medan: citapustaka media.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fathurrohman & Sulistyorini. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: KALIMEDIA.

Hikmah, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu. 1(1), 80–85.

Ibrahim, Andi, Asrul Haq Alang, Madi, Baharuddin, Muhammad Aswar Ahmad, D. (2018). Metodologi Penelitian.Jakarta: GUNADARMA ILMU.

Indaryati, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Developing Comic Media For The Teaching Of Mathematics To Enchance The Motivation And Mathematics Learning Outcomes Grade V.

Lestari. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublisher.

Mendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darrat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Noervadila, I., & Situbondo, S. P. (2020). adalah 3,4661 lebih besar dari F. 8(1), 48–56.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto (Vol. 1, Issue 2).

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Malang KENCANA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembagan. Yogyakarta: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)