Penggunaan Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa

Zulfikar Zulfikar(1*), Amirullah Amirullah(2), Nurdin Noni(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Hasil penelitian ini berdasarkan hasil jawaban siswa dari tes dan angket, pada Pre-test terdapat 3 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 70 poin yang berarti 14% lulus Pre-test. , pada Post-test siklus 1 meningkat 18% dari pre-test dan membuat 7 siswa lulus kriteria ketuntasan minimal dan pada Post-test siklus 2 meningkat 59% dari pre-test dan 39% dari post-test. -tes siklus 1 dan membuat 16 siswa dinyatakan lulus kriteria ketuntasan minimal. Metode ini juga mendapat respon positif dari siswa dan dapat dilihat dari hasil angket, pertanyaan positif mendapat 80% yang berarti setuju dengan pertanyaan positif dan pertanyaan negatif mendapatkan 36% yang berarti tidak setuju dengan pertanyaan negatif. . Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa metode ini berhasil diterapkan pada siswa kelas satu di Pesantren Modern Tarbiyah.

 

Kata Kunci: Kosakata, Film Dokumenter, SMA, Siswa


Full Text:

PDF

References


Horby, A. (1995). The Advanced Learner's Dictionary of Current English. England: In Advance Learners' Dictionary of English.

Likert, R. (1932). A Technique For The Measurement of Attitude. Archives of Psychology.

Mathias J, G. (2014). States of Curiosity Modulate Hippocampus-Dependent Learning via the Dopaminergic Circuit. https://doi.org/10.1016/j.neuron.2014.08.060.

Munir, F. (2016). The Effectiveness of Teaching Vocabulary by Using Cartoon Film Toward Vocabukary Mastery of EFL Students. Journal of English, https://doi.org/10.21462/jeltl.v1i1.20.

R, G. (1997). Documentary, From ideas Until Production. New York.

Richard , J., & Willy , A. (2002). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. United Kingdom: Cambridge University.

Rikarno, R. (2015). Documentary Film As a Students' Resource in Learning. Jakarta: Art Expression: .

Sanjaya, W. (2009). Learning Strategies Oriented To Educational Process Standards. Jakarta: Kencana.

Thomann, E. (2003). Literacy for 21st Century . Medialit KIT.

Yuwono, R. (2018). Simulation of Five Array Microstrip Antenas To Discover The Correlation of the Return Loss. United Arab Emirates: Bentham Science Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 68 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)