Penerapan Permainan Membaca “Profesor Gila” Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa di Pesantren

Nur Aisyah Karim(1*), Amirullah Amirullah(2), Ahmad Talib(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini membahas tentang penggunaan permainan membaca professor gila dalam aktivitas membaca. Dalam proses belajar mengajar, guru mempunyai peran penting dalam membimbing siswa agar membuat mereka tertarik pada pelajaran. Terutama pada membaca, guru bias menggunakan sebuah permainan agar membuat siswa tertarik untuk mengikuti pelajaran and mengubah pemikiran mereka bahwa membaca adalah kegembiraan dan tidak sesulit seperti yang mereka pikir. Penelitian ini memeriksa pengetahuan siswa setelah menggunakan  permainan membaca profesor gila dipemahaman membaca siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan tes awal dan pasca tes.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Pesantren Modern Tarbiyah Takalar tahun pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XIB yang dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan sengaja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada post-test lebih tinggi dari pada nilai rata-rata siswa pada pre-test. Nilai rata-rata post-test siswa adalah 71,78, sedangkan nilai rata-rata pre-test adalah 26,78. Nilai dari  hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa penerapan  permainan membaca professor gila pada siswa kelas sebelas diPesantren Modern Tarbiyah Takalar  secara signifikan meningkatkan pemahaman membaca siswa.

 

Kata Kunci: Permainan membaca professor gila , Pemahaman Membaca, Pemahaman Literal, Teks Deskriptif.


Full Text:

PDF

References


Brown, H. Douglas. 2007. Teaching by Principles. New Jersey: Prentice Hall.

Briffle, Chris. 2007. Crazy Professor Reading Game. California: Crafton Hills College

Jeffries, Linda and Mikulecky, Beatrice. S. 2012. More Reading Power 3, NY: Pearson Longman, 2012.

Harmer, Jeremy. 2007. How to Teach English. England: Pearson Education Limbroited. p. 99-100.

Heilman, A., Blair, T.R, & Rupley, W.H. (1981). Principles and Practices of Teaching Reading. Colombus, Ohio, Caharles: Merril Publishing Company.

Linse, Caroline.T. 2006. Practical English Language Teaching: Young Learners. New York: McGraw- Hill

Meador, Sarah 2012. 6 Ways to the Super Improvers Team. http://wbtforme.blogspot.co.id/2012/11/super-improvers-team.html.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Sugiono, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta 111.

Wright, Andrew, et.al. 1993. Games for Language Learning. New York: Cambridge University Press


Article Metrics

Abstract view : 62 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PINISI JOURNAL OF EDUCATION (E-ISSN 2747-268X)